Beirut (ANTARA News) - Pasukan Kurdi Suriah telah merebut kembali lebih dari sepertiga desa-desa di sekitar Kobane dari kelompok Negara Islam (ISIS) sejak pasukan mengusir kelompok tersebut dari kota itu dua pekan lalu, menurut Observatorium Suriah, Minggu.

"Unit Perlindungan Rakyat (Kurdi) atau YPG telah merebut kembali sekitar 128 dari 350 desa dalam dua minggu terakhir," kata Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia Rami Abdel Rahman.

YPG merebut kembali Kobane di perbatasan dengan Turki dari ISIS pada 26 Januari setelah empat bulan pertempuran sengit, yang didukung oleh pemberontak Suriah dan serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat.

"IS menarik diri dari desa sebelah timur dan selatan Kobane sebagian besar tanpa perlawanan, namun berjuang keras untuk mencoba tetap mengontrol desa-desa di barat," kata Abdel Rahman.

"Itu karena mereka ingin mencoba untuk melindungi daerah yang berada di bawah kendalinya di Provinsi Aleppo. Tapi pasukan Kurdi terus maju," katanya.

Koalisi pimpinan Amerika Serikat telah melakukan serangan terhadap para petempur ISIS di Suriah sejak September.

Dalam beberapa hari terakhir, koalisi terus menyerang posisi ISIS di sekitar Kobane, sementara pasukan YPG yang didukung oleh pemberontak Suriah melakukan pertarungan di darat, demikian AFP melaporkan.

(G003/T008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015