Jakarta (ANTARA News) - Kebanyakan orang mungkin mengira penghargaan Grammy hanya untuk penyanyi, pemusik, dan produser lagu. Ternyata 14 politisi dan pesohor televisi di Amerika pernah menang Grammy.

Bagaimana bisa?

Di Amerika, tiga presiden, dua senator, empat pemandu acara televisi serta reporter, dan seorang Ibu Negara pernah mendapat penghargaan Grammy berupa gramophone emas.

Di Grammy terdapat tropi untuk "Pidato Terbaik" alias "Best Spoken Word" dan tropi untuk album komedi. Berkat dua kategori ini, Hillary Clinton pun membawa pulang sebuah Grammy di tahun 1997.

Ibu Negara Hillary Clinton memenangkan Grammy untuk kategori "Best Spoken Word" lewat audiobook (rekaman suara pembacaan naskah buku) yang berjudul "It Takes a Village".

Hillary adalah satu-satunya Ibu Negara yang pernah memenangkan Grammy.

Sementara suaminya, Bill Clinton, menang Grammy dua kali dan semuanya setelah ia lengser sebagai presiden.

Di tahun 2004 Clinton berbagi kemenangan Grammy, di kategori album "Best Spoken Word" untuk anak, dengan mantan Presiden Uni Sovyet Mikhail Gorbachev untuk audiobook berjudul
"Prokofiev: Peter and the Wolf/Beintus: Wolf Track".

Sementara kemenangan kedua diraih tahun 2005
untuk audiobook berjudul "My Life".

Barack Obama juga pernah meraih Grammy untuk audiobook sebanyak dua kali. Pertama di tahun 2006 untuk judul buku "Dreams of My Father" dan tahun 2008 untuk judul "The Audacity of Hope", demikian dikutip Mediaite.com.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015