Batam (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan banjir yang terjadi di Jakarta merupakan urusan gubernur dan meminta agar masyarakat turut serta berpartisipasi mencegah terjadinya banjir, bukan hanya pemerintah.

"Ya itu tentu urusan gubernur. Gubernur harus lebih ketat lagi, kerjanya lebih baik lagi mengatasi semuanya. Masyarakat tapi harus ikut serta," katanya kepada wartawan di Pangkalan Udara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Senin, saat hendak bertolak kembali ke Jakarta.

Wapres juga mengingatkan agar gubernur tidak henti-hentinya terus mendorong dan melibatkan masyarakat turut bertanggung jawab dalam menyelesaikan persoalan banjir tersebut.

"Saya menganjurkan sejak lama menghadap gubernur agar setiap orang, semua rumah, semua kantor bertanggung jawab kebersihannya. Itu cara paling efektif. Semua harus menjaga masing-masing. Di depan rumahnya jangan sampai membuang sampah sembarangan. Selokan mampet dan lain-lain, semua itu harus cepat," katanya.

Ia menambahkan, upaya pemerintah provinsi untuk mengatasi banjir tidak akan efektif kalau masyarakat tidak berpartisipasi. "Kalau hanya pemerintah ya lama," kata Wapres.

Sementara itu, setelah diguyur hujan sejak Minggu malam, sebagian daerah Jakarta mengalami banjir di antaranya di jalan protokol MH Thamrin dan kawasan Sunter.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015