Lausanne (ANTARA News) - Komite pemilihan FIFA, Senin waktu setempat lalu, menyetujui calon incumbent Sepp Blatter dan tiga pesaingnya untuk pemilihan kepresidenan badan sepak bola dunia itu yang akan digelar 29 Mei nanti.

Blatter yang sudah menduduki pos itu sejak 1998, akan menghadapi presiden federasi sepak bola Belanda Michael van Praag, Wakil Presiden FIFA Pangeran Ali bin Al Hussein, dan legenda sepak bola Portugal yang juga mantan pemenang Ballon d'Or Luis Figo.

Menurut FIFA, keempatnya telah lulus kualifikasi sehingga berhak mengikuti pemilihan. Pemenang adalah yang mendapat suara mayoritas dari 205 anggota FIFA.

Blatter yang akan berusia 79 tahun saat pemilihan nanti, menjadi favorit kuat untuk meraih masa jabatan kelimanya namun ditentang oleh Eropa terutama karena pemilihan yang kontroversial atas penetapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, selain tuduhan korupsi dalam proses penentuan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 itu.

Kontroversi ini membuat dia ditentang oleh negara-negara raksasa sepak bola Eropa seperti Inggris, Jerman dan Belanda.  Namun sukses penyelanggaraan Piala Dunia 2014 di Brasil telah mengangkat kembali reputasinya.

Figo (42) dan van Praag (67) keduanya mengumumkan pencalonannnya malam lalu sedangkan Pangeran Ali (39) sudah melancarkan kampanyenya awal tahun ini.

Ketiganya lolos dengan syarat minimal didukung lima asosiasi sepak bola, sedangkan dua lainnya yakni mantan pesepakbola Prancis David Ginola dan mantan pejabat eksekutif FIFA Jerome Champagne tidak lolos seleksi karena gagal mendapatkan dukungan minimal lima asosiasi sepak bola, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015