Liverpool (ANTARA News) - Tottenham tidak gentar. Ya, tidak lantas kecut hati apalagi undur semangat dengan bertandang ke Anfield menghadapi Liverpool. Berjuang untuk menang, inilah misi tunggal pasukan Spurs manakala menantang punggawa The Reds.

Stadion Anfield punya daya magis. Itu yang kerap ditiup oleh sejumlah pandit lantaran lawan yang bertandang dan bertanding di sana kerap merasakan gemuruh dukungan tuah bagi skuad tuan rumah. Meminjam ujaran jenaka bercampur nuansa "sedap sedap enak tuh barang".

Tinggal menanti hari pembuktian laga Liverpool versus Tottenham Hotspurs dalam lanjutan Premier League pekan ke-25, pada Selasa waktu setempat, atau pukul 03.00 WIB Rabu. Pertandingan itu akan ditayangkan beIN Sport.

Spurs di bawah arahan pelatih Mauricio Pochettino datang ke Anfield bermodal asa kemenangan karena mampu mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1 dalam laga bertajuk Derby London pada akhir pekan lalu.

Tetaplah berpijak kepada realita, karena ada suka dan duka, karena ada menang, kalah, imbang. Liverpool di bawah besutan Brendan Rodgers menorehkan hasil mentereng, delapan laga tidak terkalahkan dalam ajang Premier League meski posisi Gerrard dan kawan-kawan di peringkat di bawah enam besar klasemen Premier League.

Kalau Spurs tidak gentar, maka The Reds justru menghadapi laga sarat tantangan, karena pertandingan ini bermakna krusial bila ingin tetap melenggang ke liga Europa musim depan. 

Modalnya? Kabar gembira, bahwa Daniel Sturridge yang tampil hanya 35 menit ketika melawan Everton kini siap tampil kembali. Sebelumnya, salah satu penyerang andalan tim tuan rumah itu mendapat cedera.

Manajer Rodgers menggadang-gadang Sturridge memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan penyerang belia Tottenham Hotspurs yang sedang naik daun, Harry Kane. Pemain yang disebut terakhir ini telah mengoleksi 22 gol selama perjalanan musim ini, termasuk dua gol yang ia lesakkan ke gawang Arsenal.

Tiga pertemuan kedua tim justru mencatat hasil positif bagi Liverpool. Dalam 20 laga Premier League antara Liverpool dengan Spurs, justru pasukan Anfield meraih 13 kemenangan dan enam kali imbang.

Data dan fakta:

Head-to-head:

* Liverpool berharap asa memperoleh enam kemenangan beruntun atas Tottenham, dengan torehan hanya sekali kalah dari 20 laga kandang di ajang Premier League (13 kali menang, enam kali imbang, dan sekali kalah).
*The Reds telah melesakkan 12 gol tanpa balas dalam tiga laga terakhir melawan Spurs.
* Duel antara Liverpool dan Tottenham menghasilkan sembilan gol bunuh diri, dalam catatan sejarah Premier League, dengan tiga gol dilesakkan oleh Jammie Carragher.

Liverpool:
* Liverpool belum terkalahkah dalam enam laga di Anfield (tiga kali menang, tiga kali kalah).
* Hanya saja The Reds hanya meraih empat kemenangan dari 11 laga kandang selama ajang Premier League (empat kali menang, lima kali kalah, dua kali kalah).
* Mereka hanya sekali kalah dari 14 laga kandang selama ajang Premier League (sembilan kali menang, empat kali imbang), kalah 0-1 dari Fulham pada 2012.
* Steven Gerrard telah mencetak lima gol dalam tiga penampilannya.  
 
Tottenham:
* Spurs meraih tiga kali kemenangan dari empat laga tandang.
* Pasukan asuhan Pochettino itu meraih 12 poin dari gol yang justru dicetak di lima menit terakhir di ajang Premier League musim ini.
* Skuad ini hanya sekali meraih kemenangan dari delapan laga tandang dalam laga setiap Selasa waktu setempat (sekali imbang, enam kali kalah).
* Dalam laga bertajuk Derby London melawan Arsenal, justru Harry Kane mampu mencetak gol ke-22nya selama musim ini.    
* Kane telah menyumbangkan 11 gol dari 14 penampilan Tottenham.
* Saat ini tim yang bermarkas di White Hart Lane bertengger di posisi kelima dengan memperoleh nilai 43 dari 24 pertandingan. Ini artinya unggul empat poin dari Liverpool.

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (3-4-3):

Mignolet (penjaga gawang), Sakho, Skrtel, Can, Moreno, Gerrard, Henderson, Ibe, Coutinho, Sturridge, Sterling.
Pemain cadangan:
Ward, Johnson, Lovren, Allen, Lambert, Lallana, Markovic.

* Tottenham (4-2-3-1):
Lloris (penjaga gawang), Walker, Dier, Rose, Mason, Vertonghen, Bentaleb, Lamela, Dembele, Eriksen, Kane
Pemain cadangan:
Vorm, Stambouli, Chadli, Paulinho, Fazio, Davies, Soldado.  
 
 Lima laga terakhir:
(W:menang; L: kalah: D:imbang)

* Liverpool: D W W L D


8/2/15  Everton 0 - 0 Liverpool
5/2/15  Bolton Wanderers 1 - 2 Liverpool
31/1/15 Liverpoo 2 - 0 West Ham United
28/1/15 Chelsea 1 - 0 Liverpool
25/1/15 Liverpool 0 - 0 Bolton Wanderers

* Tottenham Hotspur: W W D L W

7/2/15 Tottenham Hotspur 2 - 1 Arsenal
31/1/15 West Bromwich Albion 0 - 3 Tottenham Hotspur
29/1/15 Sheffield United 2 - 2 Tottenham Hotspur
24/1/15 Tottenham Hotspur 1 - 2 Leicester City
22/1/15 Tottenham Hotspur 1 - 0 Sheffield United

Head To Head:

31/8/14 Tottenham Hotspur 0 - 3 Liverpool
30/3/14 Liverpool 4 - 0 Tottenham Hotspur
16/12/13 Tottenham Hotspur 0 - 5 Liverpool
11/3/13  Liverpool 3 - 2 Tottenham Hotspur
29/11/ 12 Tottenham Hotspur  2 - 1 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Liverpool 1 - 2 Tottenham Hotspur
* Liverpool 2 - 1 Tottenham Hotspur
* Liverpool 2 - 0 Tottenham Hotspur

Prediksi jalannya laga:

* Kedua tim sama-sama ingin meraih kemenangan dalam duel bertajuk derby. Spurs sedang dibuai kemenangan dan berada di atas angin karena mampu menundukkan Arsenal.
* Pasukan asuhan Rodgers berbekal delapan kali belum pernah terkalahkan, tentunya siap memberi penghakiman kepada pasukan Pochettino di Anfield.
* Kedua tim sama-sama siap menurunkan formasi pemain terbaiknya. Duel ini bakal menjadi pembuktian hebat tidaknya Sturridge bagi kubu Liverpool.
* Bertanding di Anfield tentu bukan hal mudah bagi Spurs. Para pendukung tim tuan rumah siap "meneror" Kane dan kawan-kawan. Ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi skuad asuhan Pochettino.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Liverpool: 2
* Tottenham: 1  

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015