Sampang (ANTARA News) - Lima titik di Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, pada Selasa tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Kalikemuning, menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah hulu, Senin (9/2) malam.

Kelima titik yang tergenang banjir itu masing-masing Jalan Suhadak, Jalan Melati, Mawar, Dusun Tasean, dan Desa Panggung.

"Genangan air di lima titik ini, antara 30 cm hingga 40 cm dan air mulai meluap ke jalan raya, sejak pagi tadi," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang Akh Fauzan, di Sampang, Selasa siang.

Banjir akibat luapan sungai Kalikemuning juga menggenangi jalan ruas antara Kota Sampang menuju Kecamatan Ombem.

Banyak kendaraan bermotor, baik roda dua, maupun roda empat yang berupaya melintas di jalur macet. Sebagian pengendara terpaksa memilih jalur alternatif, yakni melalui jalan dari arah Kecamatan Kedungdung.

Puluhan hektare lahan pertanian di Kota Bahari Sampang juga terendam.

"Tapi, kondisi ini masih normal dibanding banjir-banjir yang pernah terjadi sebelumnya. Kalau pada tahun 2014 itu kan banjir hingga setinggi orang dewasa," kata Fauzan.

Meski demikian, pihak BPBD Pemkab Sampang terus melakukan pemantauan, akan kemungkinan banjir lebih besar, mengingat di sebagian wilayah utara Sampang masih turun hujan.

"Banjir yang terjadi kali ini kan banjir kiriman. Jadi yang hujan di hulu sana," katanya.

Berdasarkan cacatan Antara, banjir akibat luapan sungai Kalikemuning kali ini merupakan kali ketiga dalam dua bulan terakhir ini.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015