Samarinda (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah I. A. Moeis Samarinda menjadi rumah sakit rujukan regional di Kalimantan Timur, kata Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang.

"Saya sangat senang dengan penunjukan RSUD I. A. Moeis sebagai rujukan regional Kalimantan Timur dan mendukung sepenuhnya amanat tersebut," katanya pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-8 Rumah Sakit Umum Daerah I. A. Moeis Samarinda di Samarinda, Selasa (10/2).

Ia mengatakan penetapan RSUD I. A. Moeis sebagai rumah sakit rujukan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02.03/1/3550/2014 Tanggal 05 November 2014 tentang Tim Percepatan Regionalisasi Sistem Rujukan Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan.

"Saya mengajak seluruh instansi terkait agar dapat mengawal pelaksanaan SK ini dengan baik sehingga ke depan kita dapat mewujudkan peningkatan menjadi rumah sakit kelas B dan harapan kita bersama tentunya pelayanan kepada masyarakat dapat semakin baik," katanya.

Pada kesempaan tersebut, Syaharie Jaang juga meresmikan pelayanan terpadu antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama RSUD I. A. Moeis berupa pemberian akta kelahiran bagi bayi yang dilahirkan di rumah sakit setempat, Unit Hemodialisa yang akan melayani cuci darah, Unit Pelayanan Thallasemia yang akan memberikan pelayanan pada penderita thallasemia, dan Poli Pelayanan Gigi Terpadu.

Syaharie Jaang kemudian meminta Direktur RSUD I. A. Moeis dr Mieke Dhipa Anggraini untuk menginventarisasi kekurangan sarana dan prasarana penunjang di rumah sakit itu, agar dapat diupayakan pengadaannya sehingga kinerja layanan kesehatan juga semakin baik.

"Kami menyadari layanan kesehatan yang baik itu memerlukan sarana dan prasarana penunjang yang baik, termasuk kesejahteraan tenaga medisnya. Oleh karena itu, hari ini (10/2) Pemerintah Kota Samarinda juga akan menyerahkan tiga buah mobil dinas untuk dokter spesialis di RSUD I. A. Moeis," ujarnya.

Direktur RSUD I. A. Moeis dr Mieke Dhipa Anggraini mengatakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-8 RSUD I. A. Moeis Kota Samarinda, diselenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya lokakarya, seminar tentang thallasemia, berbagai perlombaan, bakti sosial, bazar, akreditasi, serta pameran.

Pewarta: Amirullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015