Jakarta, 11 Februari 2015 (Antara) -- Bagi kamu yang masih single, Hari Valentine bisa jadi momen yang bikin kamu stress. Karena Valentine terkadang menjadi tolok ukur apakah kamu diperhatiin gebetan atau tidak. Jadi gelisah sendiri. Bakal dapat bunga kah? Ada yang ngirim kartu ucapan tidak? Mungkinkah diajak jalan oleh si Dia?

Saking stressnya, beberapa pasangan yang udah jadian malah putus cuma beberapa hari sebelum Hari Valentine. Nah lho, sakitnya …

Dr. Ricardi Adnan, seorang sosiolog dari Universitas Indonesia mengatakan,”Hari Valentine itu merupakan budaya barat yang diadopsi masyarakat Indonesia dan tentu tidak ada salahnya untuk merayakan hari kasih sayang. Namun persepsi harus ada acara khusus di hari itu, mendapat/berkirim bunga atau kartu malah kadang memberi tekanan dalam sebuah hubungan. Apalagi bagi para jomblo, ada yang merasa tersisih, terabaikan pada hari itu. Padahal Hari Valentine dan berbagai ungkapan kasih sayang itu seharusnya terjadi setiap hari, khususnya kepada orang-orang terdekat. Jadi seharusnya tidak menjadi hari yang membuat stress.”

Nah, para jomblowati, gimana supaya tidak stress dan gak sendirian hari itu?

Untuk menghindari stress di hari Valentine, gak ada salahnya lho kamu merayakannya bersama teman, keluarga, tetangga atau mengisi hari itu dengan kepedulian sosial kamu ke lingkungan sekitar. Gak harus melulu dengan pujaan hati.

Di bawah ini ada beberapa ide yang bisa kamu coba :

Friends with Benefit --- Eh tunggu dulu, artinya gak seperti apa yang kamu pikirkan lho. Bukan seperti di film Justin Timberlake ama Mila Kunis itu. Kalau di Indonesia, hal ini bisa diartikan “let’s go dutch!” Jadi kamu bisa pergi jalan dengan teman cowok yang udah bro-zone. Cari restoran yang menunya bikin dosa dan super mahal. Makan sepuas hati. Lupain diet. Gak perlu mikirin table manner juga. Terakhir BeEs, BeEs (bayar sendiri-sendiri) jadi terjangkau lah.

Jatuh cinta dengan HAL baru --- terutama untuk kamu yang jomblo karena baru putus cinta. Sedih boleh. Frustasi boleh. Tapi jangan berlarut-larut. Coba deh lakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Kalau mau tubuh lebih berlekuk, coba ikut belly dance … atau malah pole dance? Sekarang banyak lho sanggarnya, ada di kawasan Wijaya Timur, Kelapa Gading, Barito atau Pondok Indah; atau mau merasakan sensasi terbang seperti elang? Kamu bisa ikut Paralayang di Puncak. Atau sekedar bergabung di kelas memasak, siapa tahu bisa ikutan Masterchef.

Bawa cinta ke orang-orang yang membutuhkan --- Kamu bisa berkunjung ke panti jompo dan cari orang tua yang jarang dikunjungi keluarganya atau main ke panti asuhan. Kamu bisa membawa bunga, kartu ucapan Valentine, hadiah, makanan dan berbagi kebahagiaan dengan mereka. Buat mereka yang terlupakan juga merasakan indahnya hari kasih sayang. Dengan demikian, mungkin saja hari itu bakal menjadi hari paling berharga dalam hidupmu.

Selalu buat rencana cadangan – Apapun bisa terjadi, jadi bersiaplah. Yuk buat beberapa rencana pada Hari Valentine, misalnya pergi dengan BFF (Best Friend Forever) kamu ke Dufan pas pagi menjelang siang, ketawa-ketiwi sampai gila deh. Sorenya nge-teh ama mama-papa. Malemnya baru makan malam romantis dengan si Dia …kalo ada. Nah kalau kamu sudah membuat beberapa rencana, jika ada rencana yang batal pun masih punya rencana yang lain; jadi kamu jamin gak akan sendirian hari itu.  

Jangan takut mencari prospek lewat aplikasi - hey, tapi masih ada beberapa hari tersisa lho sebelum Valentine. Mungkin telat jika kamu menggunakan cara pendekatan yang kuno ala Indonesia, soalnya sekarang kan era digital. Kamu bisa mengunduh aplikasi meet & connect dan pilih mana prospek yang cocok dengan kamu dalam hitungan detik. Ambil contoh Aplikasi Paktor. Aplikasi ini sudah tersedia gratis di iOS App Store, Google Play Android serta web gopaktor.com. Aplikasi ini akan terhubung dengan akun Facebook kamu jika diunduh. Tapi berbeda dengan aplikasi serupa lainnya, kamu hanya dapat menggunakannya kalau punya teman Facebook lebih dari 50 orang. Mekanisme ini membuat aplikasi nya lebih aman. Paling tidak gak ada akun palsu. Dengan menimbang jumlah pengguna aktif bulanan ponsel pintar di Indonesia yang hampir mencapai 40 juta orang, siapa tahu kamu paling tidak dapat temen baru pas Hari Valentine dengan menggunakan aplikasi. Cukup dengan satu kali “geser ke arah yang benar” untuk menemukan pangeranmu.

Hayo, apa kamu punya ide yang lebih oke? Mari berbagi …

Gak perlu khawatir ya jomblowati. Apapun yang terjadi, nikmati liburan Valentine, 14 Februari nanti dan jadikanlah hari itu lebih menyenangkan dengan berkenalan dengan orang-orang baru.





Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015