Beijing (ANTARA News) - Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Amerika Serikat (AS) pada September mendatang, dengan agenda membahas berbagai hal terkait hubungan kedua negara serta situasi global.

Pengumuman itu disampaikan resmi pejabat negara di Beijing, Rabu, menyusul komunikasi telepon yang dilakukan Presiden Xi kepada Presiden Barack Obama. Kedua pemimpin negara sepakat untuk menjadikan pertemuan keduanya sukses bagi hubungan kedua negara yang lebih baik.

Pihak Gedung Putih menyatakan kedua pemimpin negara tersebut juga telah sepakat untuk membahas berbagai tantangan keamanan global, termasuk mendorong pembicaraan lanjutan tentang nuklir Iran.

Presiden Xi dan Obama juga akan membahas hubungan kedua negara terkait perbedaan pandang keduanya tentang masalah keamanan dunia maya. Hubungan Tiongkok dan AS sempat menghangat dengan maraknya saling retas komputer pemerintah, militer dan data perusahaan.

Keduanya telah berupaya melakukan langkah-langkah guna mengekang aksi peretasan tersebut. Baik Xi Jinping dan Obama telah sepakat untuk menjadikan keamanan dunia maya sebagai prioritas utama yang harus menjadi perhatian kedua pihak untuk disikapi proposional.

(R018)



Pewarta: Rini Utami
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015