Rotterdam (ANTARA News) - Andy Murray bangkit dengan bagus dari kekecewaannya di Australia Terbuka saat petenis Skotlandia itu mengalahkan Nicolas Mahut 6-3, 6-2 untuk mencapai putaran kedua turnamen tenis ATP Rotterdam World Tennis di Rotterdam, Belanda, Rabu.

Petenis peringkat empat dunia yang kalah dalam perburuan gelarnya di Australia Terbuka sepuluh hari lalu oleh Novak Djokovic, membuat petenis peringkat 109 Mahut asal Prancis menelan kekalahannya yang ke-30 oleh petenis peringkat 10 besar, lapor AFP.

Murray, juara 2009 di Stadion Ahoy itu, meningkatkan catatan menang-kalahnya menjadi 4-1 atas Mahut, yang mengalahkan dia di lapangan rumput Queens club pada putaran pertama 2012.

"Ini pertandingan bermutu tinggi," kata sang juara itu, yang mencatat rekor 7-1 pada musim ini. "Pada set kedua dia memiliki banyak peluang."

"Kami memainkan beberapa permainan panjang dengan beberapa angka yang sangat bagus. Itu kontras dalam gaya, saat dia suka mendekati net kapanpun memungkinkan."

"Ini pertandingan bagus, standar yang sangat tinggi. Skor tidak mencerminkan bagaimana beratnya pertandingan ini," kata Murray.

Murray melangkah ke putaran kedua untuk menghadapi petenis Kanada Vasek Pospisil.

Muray tidak pernah dalam bahaya melawan Mahut saat petenis kualifikasi berusia 33 tahun itu bermain di turnamen itu untuk keempat kalinya. Petenis Skotlandia itu memerlukan satu "break" untuk unggul 4-2 saat Mahut gagal dalam sebuah pukulan voli pada set pertama.

Murray kemudian menyelesaikan set tersebut dalam waktu 33 menit, melepaskan "ace" pada "set point" pertamanya.

Set kedua berjalan tidak imbang dan Murray tiga kali mencuri angka dari servis lawannya untuk unggul 5-0.

Tapi Mahut tiba-tiba bangkit, memaksa Murray untuk meloloskan diri dari dua "break point", sebelum kesalahan sendiri yang keempat dari petenis Skotlandia itu memberi petenis Prancis angka pertamanya, untuk membuat kedudukan menjadi 1-5.

Mahut memenangi satu game lagi untuk menjadikan kedudukan 2-5 sebelum Murray mengakhiri kebangkitan lawannya beberapa saat kemudian dengan pukulan voli mudah untuk menutup pertandingan itu.

Pada pertandingan putaran pertama lainnya, Sergiy Stakhovsky mengalahkan petenis Austria Dominic Thiem 6-1, 6-3, sementara petenis Italia Andreas Seppi, penakluk Roger Federer di Melbourne, mengalahkan petenis Belanda Robin Haase 6-7 (5/7), 6-3, 6-3.

Petenis Spanyol Guillermo Garcia-Lopez melaju dengan mengalahkan Denis Istomin 7-6 (7/5), 6-4.

(Uu.I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015