Jakarta (ANTARA News) - Komisioner Komisi Yudisial (KY) Imam Anshori menyebutkan bahwa KY sejak Rabu (11/2) malam telah memberikan pengamanan kepada Hakim Sarpin Rizaldi dan keluarganya.

"Kami putuskan untuk beri pengamanan hakim Sarpin mulai Rabu malam ini hingga putusan selesai dibacakan," ujar Imam ketika dijumpai di Gedung Komisi Yudisial Jakarta, Kamis.

Hakim Sarpin Rizaldi adalah hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan Budi Gunawan kepada KPK.

Imam menyebutkan bahwa bahwa baik KY dan Tim 9 ingin berjaga-jaga supaya Hakim Sarpin tetap terjaga kehormatan serta independensinya, dan tidak merasa terintimidasi meskipun tidak menutup kemungkinan akan banyak tekanan yang datang dari mana saja.

"Ini sudah banyak teror yang bermunculan, kemarin kami tidak berpikir sampai sejauh ini. Tapi sejak mendengar banyak keluhan terkait teror dan intimidasi, maka kami putuskan untuk beri pengamanan Hakim Sarpin," kata Imam.

Terkait dengan pengamanan yang dimaksud, Imam enggan menyebutkan cara apa yang akan digunakan untuk mengamankan dan pihak mana yang diminta untuk memberikan pengamanan tersebut.

Lebih lanjut Imam menambahkan bila pihaknya menyebutkan pihak yang diminta untuk memberikan pengamanan tersebut, maka ditakutkan akan terjadi benturan antar pihak terkait.

"Intinya KY sudah menghubungi pihak yang kami anggap dan kami yakini bisa memberikan pengamanan untuk Hakim Sarpin dan keluarganya," pungkas Imam.

Pewarta: Maria Rosari
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015