Saya berdialog dengan petani yang dulu (produksi) dua ton jadi enam ton, yang dulu satu setengah ton sekarang menjadi tiga ton
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan para petani di area pameran Jakarta Food Security Summit (JFSS)-3 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 12-14 Februari 2015.

"Semakin saya tahu lapangan, semakin saya banyak melakukan kunjungan daerah, semakin saya kenal medan, semakin saya yakin ketahanan pangan, swasembada pangan, dan kedaulatan pangan akan bisa kita capai dalam kurun waktu tidak lama," kata Presiden Jokowi setelah berdialog dengan petani dan membuka acara JFSS-3 di JCC Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan saat berdialog dengan petani di area pameran, ia mendapati produktivitas petani sudah mulai berlipat ganda.

Itu artinya, kata Presiden, sudah ada stuktur dan sistem kerja yang baik di Tanah Air yang memungkinkan target swasembada pangan segera tercapai.

"Saya berdialog dengan petani yang dulu (produksi) dua ton jadi enam ton, yang dulu satu setengah ton sekarang menjadi tiga ton. Kelipatan-kelipatan seperti itu contohnya sudah ada," katanya.

Hal itu kata dia menunjukkan sudah adanya pendampingan, kerja sama, hingga kemitraan yang baik antar semua pihak.

"Artinya semua sudah ada tinggal di-copy dan diperluas secara nasional," katanya.

Jokowi bahkan yakin dalam tiga hingga lima tahun ke depan target swasembada pangan akan tercapai.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015