Bandung (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Lebanon Ahmad Chozin Chumaidy menuturkan Pemerintah Lebanon turut membantu pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Suriah ke Tanah Air lewat Beirut, Lebanon.

"Yang sudah dipulangkan 11.000 orang TKI. Itu rembesan TKI dari Suriah. Mereka harusnya pulang ke Indonesia dari Suriah, tapi tidak bisa pulang lewat Damaskus karena ada ISIS, jadinya lewat Beirut, Lebanon," kata Ahmad Chozin Chumaidy, di Kota Bandung, Kamis.

Ditemui usai bertemu dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Rumah Negara Gedung Pakuan Bandung, ia menuturkan bantuan Lebanon untuk TKI tersebut merupakan upaya diplomasi pihaknya agar melakukan perlindungan terhadap masyarakat Indonesia di luar negeri.

"Tapi alhamdulillah, di Lebanon sendiri tidak ada masalah tentang TKI, karena di sana memang tidak ada TKI," kata dia.

Pemerintah Lebanon, lanjut dia, juga memberikan kemudahan bagi TKI di Suriah yakni pemberikan visa gratis berupa izin tinggal di Lebanon sebelum pulang ke Indonesia.

Ia mengatakan Indonesia dan Lebanon memiliki hubungan sejarah yang sangat kuat karena mereka adalah negara ketiga di dunia yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Dan mereka merasa semangat, karena ada KAA (Konferensi Asia Afrika), maka nanti Insya Allah, Perdana Menteri atau pemerintah Lebanon akan hadir pada Peringatan KAA bulan April 2015 nanti," kata dia.

Sebagai dubes yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Desember 2014 lalu, ia menuturkan ada pesan khusus dari Presiden terkait jabatan baru dirinya tersebut.

"Kami diminta meningkatkan hubungan diplomasi ekonomi, supaya hubungan bilateral Indonesia-Lebanon bisa betul-betul ada manfaat untuk masyarakat," kata dia.

(A066)



Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015