Zurich (ANTARA News) - Pantai Gading dan Australia mencatatkan kenaikan di peringkat Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), setelah masing-masing mereka menjuarai Piala Afrika dan Piala Asia, sedangkan Guinea Equatorial masuk ke dalam 50 besar untuk pertama kalinya.

Guinea Equatorial, yang menjadi tuan rumah Piala Afrika, naik 69 posisi dan kini menduduki peringkat ke-49 bersama Kongo, setelah tampil melampaui harapan dan mencapai semifinal, meski menampilkan permainan kontroversial, demikian laporan Reuters.

Pantai Gading naik delapan posisi untuk menduduki peringkat ke-20, meski Aljazair, tim yang mereka kalahkan di perempat final Piala Afrika masih menjadi tim di posisi terbaik pada peringkat ke-18. Ghana selaku juara dua Piala Afrika naik 12 posisi untuk menduduki peringkat ke-25.

Australia naik 37 posisi untuk menduduki peringkat ke-63, meski Iran (posisi ke-41) masih menjadi tim Asia dengan peringkat terbaik yang menghuni 50 besar. Tim Asia terbaik berikutnya adalah Korea Selatan (54), dan Jepang (55).

Tidak ada perubahan peringkat di lima besar FIFA, di mana Jerman memimpin diikuti oleh Argentina, Kolombia, Belgia, dan Belanda.

Daftar sepuluh besar peringkat FIFA (peringkat bulan lalu berada di dalam kurung):

1. Jerman (1)
2. Argentina (2)
3. Kolombia (3)
4. Belgia (4)
5. Belanda (5)
6. Brazil (6)
7. Portugal (7)
8. Prancis (7)
9. Uruguay (10)
10. Spanyol (9) .

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015