Verifikasi lanjutan akan segera kami lakukan. Yang jelas hasil verifikasi bakal calon akan diumumkan pada 18 Februari nanti,"
Jakarta (ANTARA News) - Tahapan pemilihan calon Ketua Umum (Ketum) PSSI telah memasuki tahap melengkapi persyaratan administrasi, namun hingga waktu yang ditetapkan yaitu Rabu (11/2) tengah malam tidak semua bakal calon melengkapinya. Selanjutnya dilakukan verifikasi dan hasilnya diumumkan pada 18 Februari mendatang.

Wakil Ketua Komisi Pemilihan Max Boboy di Jakarta, Kamis mengatakan, berdasarkan data yang masuk hingga batas waktu yang ditentukan hanya antara sembilan hingga 10 bakal calon saja yang melengkapi persyarakat administrasi.

"Dari 11 nama yang dicalonkan menjadi Ketua Umum PSSI yang sudah melengkapi persyarakatan administrasi sembilan sampai 10 saja. Setelah itu akan dilakukan verifikasi lagi," katanya di Kantor PSSI Senayan, Jakarta.

Meski mengumumkan antara sembilan hingga 10 bakal calon yang melengkapi persyaratan, Max Boboy belum bersedia mengumumkan nama-nama bakal calon. Namun, berdasarkan nama yang ditetapkan pada rapat pleno 21 Januari lalu diantaranya Djohar Arifin Husin dan La Nyalla Mattalitti.

Khusus untuk bakal calon Ketua Umum PSSI yang tidak melengkapi persyaratan, kata Max Boboy mengatakan diantaranya adalah Sekjen PSSI Joko Driyono.

Setelah persyaratan administrasi masuk ke Komisi Pemilihan, kata dia, tahapan selanjutnya adalah melakukan verifikasi lanjutan mulai dari usia, daftar riwayat hidup hingga kebenaran bakal calon sudah berkecimpung dalam sepak bola selama lima tahun.

"Verifikasi lanjutan akan segera kami lakukan. Yang jelas hasil verifikasi bakal calon akan diumumkan pada 18 Februari nanti," kata Max Boboy menambahkan.

Berkurangnya jumlah bakal calon yang tidak melengkapi persyaratan administrasi juga terjadi pada posisi Wakil Ketua Umum PSSI. Pada awalnya ada 29 yang diajukan, namun hanya 12-13 orang saja yang melengkapinya.

Begitu juga dengan bakal calon anggota Komite Eksekutif PSSI. Data awal menunjukkan jika ada 147 orang yang diajukan. Hanya saja, hingga batas akhir yang ditetapkan tinggal 20-22 orang yang melengkapi persyaratan administrasi.

Sesuai dengan tahapan yang ada, setelah ditetapkan sebagai calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum hingga anggota Komite Eksekutif maka calon ini berhak bersaing pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Surabaya, Jawa Timur, 18 April mendatang.

Sebelum bersaing untuk memimpin PSSI periode 2015-2019, bagi bakal calon yang dinyatakan gagal lolos masih diberi kesempatan untuk melakukan upaya banding melalui Komite Banding PSSI.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015