Madrid (ANTARA News) - Juara Eropa Real Madrid memang masih memimpin La Liga, mamun suasana krisis menyelimuti klub ini setelah mereka dianiaya rival sekota Atletico Madrid dengan skor telak 4-0 akhir pekan lalu.

Pemberitaan pers yang negatif muncul tidak hanya karena derajat kekalahan dari Atletico itu, namun juga bertepatan dengan pesta ulang tahun yang digelar Cristiano Ronaldo untuk merayakan HUT-nya yang ke-30 bersama rekan-rekan satu timnya hanya beberapa jam setelah kekalahan besar itu.

Penampilan Ronaldo di lapangan juga menjadi titik kekhawatiran bagi hirarki Madrid di mana pemain asal Portugal ini hanya mencetak gol tiga kali dalam enam laga sejak meraih Ballon d'Or ketiganya bulan lalu dan juga dikeluarkan dari lapangan setelah menendang bek Cordoba, Edimar.

Ada kekhawatiran bahwa cendera pada tendon lutut kirinya akan mempengaruhi penampilan Ronaldo sampai akhir musim ini.

Presiden klub Florentino Perez menggelar pertemuan dengan para pemain, sedangkan pelatih Carlo Ancelotti berkata kepada para pemain bahwa penampilan mereka sewaktu menghadapi Ateltico itu sebagai tidak pantas.  Penampilan melawan Atletico adalah titik balik Madrid seperti tim ini lakukan pada awal musim.

Setelah kalah dua kali dalam tiga laga pertamanya, Madrid bertandang ke kandang Depor dengan suasana hati seperti sekarang dengan menang besar 8-2 yang lalu mengawali kampanye menang 22 kali secara beruntun.

Los Blancos masih diserang rangkaian cedera di mana Sami Khedira menjadi pemain terakhir yang cedera untuk menyusul Sergio Ramos, Pepe, James Rodriguez dan Luka Modric yang absen karena cedera hamstring.

Namun bek kiri Marcelo akan kembali setelah terkena hukuman larangan bermain dan mungkin gelandang Brasil Lucas Silva akan melakukan debutnya setelah bergabung dari Cruzeiro bulan lalu.

Sementara itu Barcelona mencapai penampilan terbaiknya musim ini dengan menang 10 kali berturut-turut untuk berada satu poin di bawah musuh abadinya itu di puncak klasemen La Liga dan tengah menuju final Copa del Rey.

Barca sudah mengemas 37 gol dengan kemenangan terakhir 3-1 dari Villarreal pada leg pertama semifinal Copa del Rey Rabu lalu dan yakin memperbesar perbendaharaan golnya saat Levante bertandang ke Camp Nou Minggu ini.

Atletico akan berkesempatan mempertahankan penampilan menawannya saat bertandang ke Celta Vigo pada Minggu. Koke absen tiga pekan karena cedera hamstring, namun Diego Godin siap tampil dengan mengenakan masker untuk menutupi hidunyanya yang patah pada derby akhir pekan lalu.

Sementara itu, Valencia, Sevilla dan Villarreal akan yakin mencuri tiga poin dalam pertarungan memperebutkan tempat keempat, masing-masing melawan Cordoba, Getafe dan Rayo Vallecano, demikian AFP.

Jadwal tanding Jumat:
  - Almeria vs Real Sociedad (19.45 atau 01.45 WIB)

Sabtu:
  - Sevilla vs Cordoba (21.00 WIB)
  - Real Madrid vs Deportivo la Coruna (23.00 WIB)
  - Granada vs Athletic Bilbao (19.00 atau 01.00 WIB)
  - Malaga vs Espanyol (21.00 atau 03.00 WIB)

Minggu:
  - Valencia vs Getafe (17.00 WIB)
  - Barcelona vs Levante (22.00)
  - Rayo Vallecano vs Villarreal (24.00)
  - Celta Vigo vs Atletico Madrid (20.00 atau 02.00 WIB)

Senin:
  - Eibar vs Elche (19.45 atau 01.45 WIB)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015