Baghdad (ANTARA News) - Pasukan ISIS menduduki bagian besar kota al-Baghdadi di barat Irak sehingga mengancam sebuah pangkalan udara di mana marinir AS melatih pasukan Irak, kata para pejabat seperti dikutip Reuters.

Al-Baghdadi, sekitar 85 km barat daya Ramadi di provinsi Anbar, telah dikepung selama berbulan-bulan oleh militan ISIS yang menguasai bagian besar utara dan barat Irak tahun lalu.

ISIS menyerang al-Baghdadi dari dua arah dan lalu maju ke dalam kota, kata sumber-sumber intelijen dan para pejabat.

Para pejabat mengatakan kelompok militan Islam lainnya kemudian menyerang pangkalan udara Ain al-Asad yang berpenjagaan ketat sekitar lima km arah barat daya kota itu, namun mereka tak bisa mendudukinya.

Sekitar 320 prajurit marinir AS tengah melatih pasukan Irak dari Divisi ke-7 yang pernah diserang mortir paling tidak satu kali sejak Desember.

Juru bicara Pentagon Letkol Laut Elissa Smith memastikan bahwa kontak senjata hebat berlangsung di al-Baghdadi. Dia mengatakan tidak ada serangan langsung ke pangkalan udara tersebut.

Manajer distrik Naji Arak membenarkan bahwa ISIS telah memasuki al-Baghdadia dan menyerang sejumlah gedung pemerintah. Dia awalnya mengatakan bahwa ISIS menguasai 90 persen wilayah kota itu, sedangkan jumlah korban meninggal dunia belum bisa dipastikan.

Kebbanyakan kota-kota yang mengepung provinsi Anbar jatuh ke tangan ISIS setelah militan ini dengan menyeberang melintasi perbatasan Suriah musim panas lalu, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015