Bogor  (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan menggelar Festival Toilet Bersih dan Bedah Rumah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Dua festival itu dilaksanakan selama tahun 2015 ini," kata Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas di Istana Bogor, Jumat.

Bupati Banyuwangi hadir di Istana Bogor untuk mengikuti acara pengarahan Presiden Jokowi bersama seluruh bupati wilayah Jawa dan Maluku. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh gubernur di wilayah Jawa.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla juga hadir dalam acara tersebut, sementara anggota Kabinet Kerja turut serta di antaranya Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Men Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Bupati Banyuwangi menyebutkan toilet bersih berperan penting dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan terutama wisatawan mancanegara (wisman).

"Yang kita jadikan contoh tidak jauh-jauh, yang dekat saja yaitu Malaysia," katanya.

Ia mengatakan program dan festival toilet bersih akan berperan penting dalam upaya mencapai target kunjungan wisman hingga 12 juta orang.

"Kondisi toilet-toilet kita masih jauh dibanding dengan di luar negeri termasuk negara tetangga Malaysia, ini yang dikeluhkan turis," kata Bupati Banyuwangi.

Ia menyebutkan Festival Toilet Bersih digelar selama 2015 dan penilaian akan dilakukan akhir tahun nanti.

Bupati juga menyebutkan selama beberapa waktu terakhir kunjungan wisman ke Banyuwangi meningkat.

"Sekarang ada antrean kalau mau masuk ke tempat wisata di Banyuwangi," katanya.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015