Jakarta (ANTARA News) - Setelah dua tahun berturut-turut memenangi berbagai kategori dalam International Student Green Car Competition (ISGCC) di Seoul, Korea Selatan, Garuda UNY Racing Team (GURT) akan kembali berlaga di 2015 ISGCC Seoul, Korea Selatan.

Siaran pers Garuda UNY Racing Team yang diterima ANTARA News menyebutkan, tim  mobil Universitas Negeri Yogyakarta tersebut juga akan tampil di 2015 Student Formula Japan (SFJ) di Jepang.

Student Formula Japan diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai Negara di dunia.

Keikutsertaan GURT dalam 2015 SFJ juga didukung oleh beberapa sponsor seperti Garuda Indonesia, Garuda Cargo, PT Kawan Lama Sejahtera dan Indonesia Steel Tube Works (ISTW).

“Kami mendapat nomer mobil 76, Saatini kami membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak dan sangat terbuka untuk kerja sama sponsorship,”ujar Bondan Prakoso Ketua Umum delegasi 2015 SFJ.

Pembuatan mobil formula ini melibatkan 18 mahasiswa dan dua dosen pembimbing sebagai advisor.

Para mahasiswa tersebut terbagi dalam dua tim, tim teknis dan non-teknis. Hampir seluruh fakultas terlibat dalam keanggotaan tim mobil UNY ini.

Mobil yang diberi nama Garuda F15 dirancang dapat mencapai kecepatan hingga 120 km/jam dengan 0 – 100 m dalam 4 detik.

Untuk meningkatkan kemampuan akselerasi, kemampuan engine ditingkatkan dari 40 HP menjadi 45 HP.

“Kami melakukan modifikasi ini berdasarkan pengalaman tahun kemarin saat berlaga di Korea selatan. Modifikasinya pun  banyak sekali. Target kami tahun ini bisa menang dalam minimal dua kategori perlombaan,” kata Bondan.

GURT F15 menggunakan mesin 1 silinder 600 cc, pemilihan material dan komponen 80 persen bahan lokal dan mudah didapatkan.

“Proses pembuatan mobil sampai saat ini baru saja dimulai, kami buat di workshop yang disediakan oleh FakultasTeknik,” kata Bondan dalam siaran pers.
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015