Tim panahan yang punya kekuatan bagus di Asia Tenggara adalah tim Malaysia
Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) menyeleksi atlet-atlet panahan daerah yang akan maju sebagai tim nasional pada Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2015 di Singapura pada Juni mendatang.

"Kami mengambil para atlet yang pernah turun dalam tim panahan untuk Asian Games 2014, atlet-atlet hasil kejuaraan nasional panahan pada 2014 serta dari daerah yang tidak mengikuti kejuaraan nasional karena ada pekan olahraga provinsi," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Perpani Adhi Purnomo kepada Antara di Jakarta, Sabtu.

Seleksi atlet panahan itu dilakukan sejak Jumat (13/2) hingga Minggu (15/2) di Lapangan Panahan Kompleks Gelora Bung Karno Senayan Jakarta dengan 46 orang atlet yang masuk seleksi.

Adhi mengatakan Perpani juga akan menyertakan sejumlah atlet panahan yang telah direkomendasikan pengurus Perpani daerah selain 46 orang atlet itu.

"Kami membatasi para atlet yang akan masuk seleksi tim SEA Games 2015 ini dengan nilai minimal 650 untuk nomor recurve baik putra ataupun putri serta nilai minimal 660 untuk nomor compound baik putra ataupun putri," kata Adhi yang juga Manajer Tim Panahan Indonesia untuk SEA Games ke-28 itu.

Adhi mengatakan pembatasan nilai itu untuk memperketat seleksi atlet bagi atlet yang tidak mengikuti kejuaraan nasional panahan di Lampung dengan nilai minimal 12100 untuk nomor recurve dan nilai minimal 1300 untuk nomor compound.

"Kami juga menetapkan denda Rp500 ribu bagi para atlet yang akan masuk seleksi tapi tidak dapat mencapai nilai minimal itu sehingga mereka yang sekedar coba-coba tidak akan ikut," katanya.

Seleksi atlet panahan yang akan masuk sebagai tim nasional pada SEA Games 2015 itu akan menghasilkan 16 atlet panahan dengan komposisi empat atlet compound putra, empat atlet compound putri, empat atlet recurve putra, dan empat atlet recurve putri.

"Tim panahan yang punya kekuatan bagus di Asia Tenggara adalah tim Malaysia. Sedangkan tim Singapura tidak begitu kuat, tapi mungkin mereka telah menyiapkan diri sebagai tuan rumah," kata Kepala Bidang Sentra Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

Tim pemusatan pelatihan nasional Perpani, lanjut Adhi, telah mulai program pelatihan sejak pertengahan Januari 2015. Program itu akan berlanjut pada Selasa (17/2) dengan penguatan aspek teknik, fisik, mental, serta strategi sebagai tim.

Sejumlah atlet yang masuk dalam seleksi pelatnas SEA Games 2015 Perpani antara lain Diananda Choirunisa, Ika Yuliana Rochmawati, Titik Kusumawardani untuk nomor recurve putri. Sedangkan pada nomor recurve putra, terdapat nama Riau Ega Agata Salsabila, M. Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama.

Pada nomor compund putri Dellie Threesyadinda, Rona Siska Sari, dan Triya Rezky turut serta dalam seleksi. Sedangkan untuk nomor compund putra, terdapat Yoke Rizaldi Akbar, Kuswantoro, Prima Wisnu Wardhana, dan Sapriatno.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015