Jayapura (ANTARA News) - Ketua Umum PSSI Djohar Arifin mengusulkan agar Stadioan atau Lapangan Mandala, Kota Jayapura dilengkapi fasilitas pendukungnya agar bisa digunakan dengan maksimal saat pagelaraan PON 20 pada 2020 di Provinsi Papua.

"Lapangan Mandala Jayapura sudah bagus, namun perlu dilengkapi fasilitas pendukung seperti tempat parkir kendaraan," kata Djohar Arifin saat berada di Kota Jayapura, Papua, Minggu.

"Apalagi mau menjadi jadi tuan rumah PON, maka masih banyak yang harus diperbaiki termasuk pembangunan stadion di beberapa daerah untuk tempat bertanding dan tempat latihan tim," katanya.

Ketika meninjau lapangan Mandala dari dekat, Djohar menyarankan kepada Benhur Tommy Mano yang juga Wali Kota Jayapura agar membangun lapangan lain sebagai lapangan pendukung untuk PON.

"Saya sarankan agar membangun lapangan sepak bola dengan rumput sintetis karena tidak ada biaya perawatan. Selain itu rumput sintetis kuat dan tahan kena rokok," katanya.

Lapangan dengan rumput sintetis, kata Djohar, sudah sering digunakan oleh tim-tim besar di negara maju.

"PSSI merupakan pendukung utama Papua jadi tuan rumah PON 20, kita tidak memikirkan apa-apa, tetapi kalau pembinaan olahraga yang baik dilakukan di Papua maka Sea Games itu kecil bagi Indonesia karena potensi atlet ada di Papua dari berbagai cabang olahraga," katanya.

Pada Jumat sore, di lapangan Mandala selain berkeliling, Djohar Arifin didampingi Direktur Teknik PSSI Peter Huistra juga melihat latihan tim Pra PON Papua serta memberikan motivasi kepada talenta-talenta pesepak bola muda Papua.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015