Mereka menjalani rawat inap sepekan terakhir

Negara (ANTARA News) - Wabah demam berdarah di Kabupaten Jembrana, Bali, semakin meluas, dan jumlah penderita mencapai 50 orang lebih.

Informasi yang dihimpun pada Minggu menyebutkan, sepanjang pekan ini, lima warga dua dusun di Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, mendapatkan perawatan intensif di RSU Negara, karena tertular demam berdarah.

"Ada lima warga dari Dusun Wali dan Kaleran yang positif kena demam berdarah. Mereka menjalani rawat inap sepekan terakhir, dengan tiga di antaranya sudah boleh pulang," kata Perbekel atau Kepala Desa Yehembang, Made Semadi.

Menurutnya, di antara lima penderita demam berdarah tersebut, satu orang masih berumur tiga tahun, sementara dua lainnya tinggal satu rumah.

Agar virus yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut tidak menular, ia mengaku telah memerintahkan seluruh kepala dusun untuk mengajak warga bergotong-royong membersihkan lingkungan.

"Kami lakukan pemberantasan sarang nyamuk, sementara permohonan ke Pemkab Jembrana untuk melakukan penyemprotan juga sudah kami sampaikan," ujarnya.

Ia mengaku khawatir serangan demam berdarah ini meluas, karena masih ada beberapa warga yang terserang demam tinggi, namun belum bisa dipastikan karena virus tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr Putu Suasta MKes mengakui, jumlah penderita demam berdarah tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi dan menekan penularan, ia mengatakan, mendorong masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk, khususnya di daerah yang menjadi endemi demam berdarah seperti Kelurahan Gilimanuk, Baler Bale Agung dan Desa Tegalbadeng Barat.

"Kalau sekedar disemprot, hanya nyamuk dewasanya yang mati. Penyemprotan harus diimbangi dengan pemberantasan sarang nyamuk, sehingga bisa tuntas," katanya.


Pewarta: Gembong Ismadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015