Donor darah akan merangsang pembentukan sel-sel darah baru. Itu yang bikin awet muda, keriput-keriput bisa hilang.
Jakarta (ANTARA News) - Menurut presenter sekaligus dokter Nycta Gina, aksi donor darah banyak manfaatnya bagi pendonor, salah satunya adalah membuat wajah tampil lebih cantik.

"Aku baru tahu, donor darah bisa membuat cantik, awet muda. Tidak perlu perawatan ke klinik-klinik kecantikan, cukup donor darah," kata dia dalam acara kampanye donor darah di Jakarta, Minggu.

"Donor darah akan merangsang pembentukan sel-sel darah baru. Itu yang bikin awet muda, keriput-keriput bisa hilang. Lalu yang merasa gemuk, bisa untuk diet, karena bisa bakar kalori," tambah Gina yang mengaku baru satu kali mendonorkan darahnya itu. (Baca di sini kenapa Gina sempat takut donor darah)

Di samping itu, lanjut Gina, kegiatan donor darah yang umumnya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit itu juga bisa menyehatkan pendonor.

Salah satunya bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

"Makanan yang kita makan, terkadang mengandung zat besi, zat ini sifatnya cepat diserap tubuh. Ini bisa memicu terjadinya oksidasi kolesterol sehingga menimbulkan penumpukan di dinding-dinding pembuluh darah. Donor darah bisa membersihkan penumpukan itu," ungkap Gina.

Kemudian, hal yang paling utama, kata dia, donor darah berperan menyelamatkan nyawa orang lain.

"Menurut aku, manfaatnya (donor darah) banyak. Satu kantung bisa menyelamatkan tiga nyawa. Donor darah yang durasinya hanya 1 jam 15 menit bisa menyelamatkan nyawa orang bertahun-tahun," kata dia.

Gina berharap, kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya bisa meningkat seiring meningkat pula informasi soal manfaat donor darah.

"Aku berharap kesadaran masyarakat meningkat soal pentingnya donor darah. Semakin banyak nyawa tertolong, maka harapan hidup juga akan meningkat," pungkasnya. (Simak pula mengapa perempuan masih kurang meminati donor darah)


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015