Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama Perum LKBN Antara Saiful Hadi mengatakan, hubungan masyarakat (humas) pada badan-badan pemerintah (government public relations) berkorelasi langsung dengan kiprah dan reputasi bangsa.

"Humas pemerintah harus mampu membangun sinergi agar komunikasi publik yang dilakukan mampu membangun kepercayaan publik yang lebih baik," katanya saat membuka Seminar Penguatan Platform PR Bangsa di Wisma Antara, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, komunikasi publik yang efektif menjadi tantangan yang dihadapi humas pemerintah. Hal ini juga tak terlepas dari fakta bahwa saat ini berbagai informasi membanjir dari segala arah.

"Masyarakat tidak lagi dihadapkan pada persoalan mencari informasi, tetapi lebih disibukkan untuk memilih informasi," kata Saiful Hadi.

Begitu juga kalangan media, katanya, yang semakin selektif menempatkan konten pemberitaannya.

"Masalahnya, dalam situasi demikian, humas pemerintah selalu tertinggal dalam melakukan komunikasi publik," kata dia.

Ia menilai, aktor nonpemerintah lebih bisa membangun komunikasi publik melalui media massa yang jauh lebih efektif dibandingkan pemerintah.

"Inilah yang menginspirasi Perum LKBN Antara bekerjasama dengan Bamboedoea PR Network untuk menggelar seminar penguatan platform kehumasan pemerintah ini," katanya.

Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab Perum LKBN Antara untuk turut serta mengembangkan kehumasan pemerintah.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015