Jakarta (ANTARA News) - Sekretariat Jenderal DPR RI terus melakukan peningkatan keamanan di lingkungan DPR RI dari berbagai gangguan dan ancaman. Tak hanya masalah keamanan lingkungan saja, Kesekjenan juga melakukan langkah-langkah antisipasi pengamanan terhadap anggota DPR RI dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selama ini, pengamanan yang telah dilakukan adalah dengan menggunakan Pengamanan Dalam (Pamdal). Namun, kini Pamdal diperkuat dengan dua anjing jenis herder.

"Dua anjing jenis herder, Bently dan Califo sengaja dibeli untuk melakukan pengamanan anggota DPR RI dan lingkungan DPR RI," kata salah seorang Pengamanan Dalam (Pamdal), Budianto di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, anjing jenis herder akan bertugas melakukan tugas-tugas seperti pengawalan anggota, melakukan pelacakan terhadap bom, pelacakan terhadap narkoba dan lain sebagainya.

"Anjing-anjing ini dilatih di lingkungan DPR RI dengan mendatangkan pelatih khusus. Keberadaan dua anjing herder ini lebih menjamin keamanan di sini, pengamanan tugas anggota dan lingkungan DPR RI," katanya.

Bently, salah seekor anjing yang ditempatkan di depan Gedung Nusantara II, terlihat tulisan POLICE di lehernya . "Gak menganggulah," kata pelatih Bently, Suwarno.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015