bagian humas harus benar-benar berbekal kompetensi yang memadai
Jakarta (ANTARA News) - Bagian hubungan masyarakat (humas) di badan-badan pemerintah memiliki peran penting membangun karakter bangsa, kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Freddy H. Tulung.

"Humas bisa menjadi motor penggerak untuk mengedukasi publik dengan membangun karakter bangsa," katanya dalam seminar kehumasan di Wisma Antara, Jakarta, Selasa.

Untuk itu, lanjutnya, humas perlu mengembangkan konten-konten untuk masyarakat yang berbasis edukasif, pencerahan, pemberdayaan dan kecintaan terhadap Tanah Air.

Menurut Freddy, komunikasi yang baik tidak hanya berkaitan dengan pencitraan, tetapi juga komunikasi yang dapat dimanfaatkan menjadi wahana edukasi di ruang publik.

"Mereka yang bekerja di bagian humas harus benar-benar berbekal kompetensi yang memadai dalam menjalankan tugas kehumasan," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemberitaan Metro TV Suryopratomo mengatakan bahwa pada konteks inilah humas membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat.

"Humas juga harus semaking cermat membangun komunikasi karena masyarakat sekarang lebih kritis sehingga harus ada upaya ekstrakeras untuk meyakinkan masyarakat," kata dia.


Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015