Gresik (ANTARA News) - Persegres Gresik United meminta agar Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengajak bicara atau berkomunikasi klub peserta Liga Super Indonesia (LSI), agar permasalahan pelaksanaan kompetisi bisa diselesaikan.

Manajer Persegres Bagus Cahyo Yuwono, Selasa, mengatakan dengan mengajak komunikasi dan duduk bersama, persoalan terkait pelaksanaan dimulainya kompetisi tidak akan berlarut-larut.

"Klub juga punya hak bicara untuk menyampaikan uneg-uneg, sehingga bisa mengurai benang kusut, karena jika dibiarkan khawatir klub akan meradang mengingat segala infrastruktur terkait dengan persiapan kompetisi sudah dijalankan," katanya.

Ia mengatakan, apabila pelaksanaan kompetisi ditunda akan merugikan klub, karena sebagian besar pemain yang didaftarkan ikut kompetisi sudah dibayar sebesar 25 persen.

Selain meminta BOPI, Bagus juga meminta PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi untuk bersikap tegas, dan tidak saling membenturkan.

"Jika sampai persoalan BOPI dan PT Liga Indonesia terus berlarut, efeknya akan panjang, sebab tidak hanya klub dan pemain yang dirugikan, namun perputaran ekonomi di daerah juga turut terimbas," katanya.

Sebelumnya, Tim Sembilan bentukan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui BOPI merekomendasi agar menunda penyelenggaraan LSI 2015 sampai dipenuhinya lima persyaratan standar organisasi.

Lima rekomendasi itu antara lain seluruh klub peserta LSI harus segera melunasi tunggakan kepada pemain, pelatih dan offisial tim dengan menyertakan bukti pelunasan.

Selanjutnya, klub wajib menyertakan dokumen kontrak kerja profesional pemain, pelatih dan ofisial tim kepada BOPI, ditambah adanya persyaratan garansi bank yang dapat dipenuhi klub paling lambat pertengahan musim kompetisi ISL 2015,

Selain itu, operator LSI serta seluruh klub peserta wajib menyerahkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai bukti pembayaran dan pelunasan pajak, ditambah persyaratan lain yang telah ditetapkan BOPI.

Persyaratan ini menjadi rekomendasi BOPI yang wajib dipenuhi dalam proses izin keramaian yang akan dikeluarkan oleh BOPI.

Sesuai rencana, pelaksanaan kompetisi LSI 2015 akan dijadwalkan pada 20 Februari, dan diawali pertandingan antara Persib Bandung melawan Persipura Jayapura. Pertandingan ini terancam batal bila BOPI belum mengeluarkan rekomendasi pertandingan.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015