Washington (ANTARA News) - Para pembuat kebijakan Federal Reserve tampak menahan diri untuk melakukan tindakan cepat terhadap kenaikan suku bunga, risalah pertemuan Fed untuk Januari menunjukkan pada Rabu.

Banyak anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) khawatir tentang tidak adanya tekanan inflasi, dan berpikir bank sentral AS dapat bergerak perlahan menuju kenaikan suku bunga, risalah menunjukkan, lapor AFP.

Dengan suku bunga acuan fed funds pada tingkat nol sejak akhir 2008, pembicaraan pada pertemuan kebijakan FOMC 27-28 Januari memperlihatkan lembaga itu masih terfokus pada peningkatan tingkat -- "normalisasi" kebijakan moneter -- dalam waktu dekat.

Tetapi dengan inflasi yang terus jatuh menjauh dari target 2,0 persen, pasar tenaga kerja AS masih menunjukkan pengenduran, dan ekonomi di Eropa serta Asia terperosok dalam masalah, banyak dari para pembuat kebijakan menunjukkan mereka lebih senang menunggu.

"Banyak" peserta pertemuan itu menunjukkan bahwa lingkungan "telah cenderung ke arah mereka mempertahankan suku bunga federal funds efektif pada kisaran yang lebih rendah untuk waktu yang lama," kata risalah.

Selain itu, "banyak peserta mengamati bahwa kenaikan lebih dini dalam suku bunga mungkin akan meredam pemulihan kuat dalam kegiatan riil dan kondisi pasar tenaga kerja."

(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015