Stan khusus menampilkan PUD dan batu akik gratis. Kecuali stan bagi pedagang dibebankan biaya sewa dan listrik."
Mukomuko (ANTARA News) - Para pengrajin batu akik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta stan pameran bagi produk mereka paling depan agar mudah dilihat dan dicari pengunjung.

"Kalau bisa stan batu akik itu paling depan agar mudah dicari pengunjung," kata pengrajin batu akik Andi, di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah setempat pada peringatan hari ulang tahun (HUT) daerah itu yang ke-12 menggelar pameran aneka produk, terutama batu akik dan lomba kreasi mengasah batu akik.

Ia minta, agar stan khusus batu akik paling depan, selain untuk memudahkan pengunjung yang ingin melihat, pameran batu akik ini juga baru pertama kali digelar di daerah itu.

"Peserta pameran batu akik ini tidak hanya berasal dari pengrajin lokal, tetapi ada juga dari luar daerah yang turut berpartisipasi," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi mengatakan pihaknya telah menyediakan stan khusus batu akik di satu tempat.

Lahan yang disediakan untuk lokasi stan batu akik ini, katanya, sangat luas guna memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin melihat bahkan membeli batu akik.

"Lokasinya di samping panggung utama kita. Di lokasi ini tempat berkumpul orang banyak," ujarnya.

Ia menerangkan, selain stan produk unggulan daerah (PUD) setempat, pemerintah setempat juga menggratiskan stan khusus batu akik selama berlangsungnya pameran HUT kabupaten itu yang ke-12.

"Stan khusus menampilkan PUD dan batu akik gratis. Kecuali stan bagi pedagang dibebankan biaya sewa dan listrik," ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015