Bengkulu (ANTARA News) - Dua bunga rafflesia (Rafflesia arnoldii) ditemukan mekar sempurna oleh warga, di dua kawasan hutan di wilayah Bengkulu.

"Dua bunga rafflesia ditemukan mekar oleh dua kelompok masyarakat dan dibuka untuk masyarakat umum," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan satu bunga langka ditemukan mekar di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang, berjarak 50 kilometer dari Kota Bengkulu.

Sedangkan satu bunga lainnya mekar di Cagar Alam Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah berjarak 30 kilometer dari Kota Bengkulu.

Dua bunga rafflesia tersebut menurut Sofian dapat dinikmati masyarakat hingga dua hari ke depan.

Lokasi kawasan hutan yang terdapat di jalan lintas tengah yang menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi Sumatra Selatan membuat dua kawasan hutan ini sering disinggahi masyarakat.

"Biasanya pengunjung yang melihat bunga rafflesia adalah pengguna jalan lintas tengah," tambah dia.

Biasanya kata Sofian, bunga langka yang menjadi ikon Bengkulu itu selalu dijaga oleh kelompok masyarakat setempat.

Penjagaan bunga itu tidak lain untuk mencegah pencurian dan perusakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

"Sering kami temukan bunga rafflesia yang dirusak, bahkan ada yang dicabut, ini sangat mengganggu upaya konservasinya," kata Sofian.

Ia mengatakan Simposium Internasional Rafflesia dan Bunga Bangkai di Kota Bengkulu pada September 2015 diharapkan berkontribusi positif untuk pelestarian flora endemis Bengkulu itu.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015