Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi DPR RI Elnino Husein Mohi menganggap Presiden Brasil telah melecehkan Indonesia karena menolak untuk menerima credentials (surat kepercayaan) dubes RI Toto Riyanto saat dubes sudah berada di istana kepresidenan negara itu.

"Credentials adalah hak Indonesia sebagai negara akreditasi. Perlakuan itu sangat emosional, tidak sopan, dan melecehkan Indonesia," kata anggota Komisi I DPR RI, Elnino Husein Mohi di Jakarta, Sabtu.

Ia meminta rakyat Indonesia untuk mendukung penuh pemerintah dengan menarik duta besar Indonesia untuk Brasil, Toto Riyanto.

"Kita perlu memberi support penuh kepada pemerintah yang menarik Dubes Indonesia dari Brasil dan memanggil Dubes Brasil di Indonesia untuk menyampaikan protes," kata politisi Partai Gerindra itu.

Ia juga meminta pemerintah untuk mempersiapkan langkah-langkah terhadap Brasil.

"Kita pun mesti menyiapkan diri menghadapi segala konsekuensi yang akan terjadi seperti pembatalan pembelian alat-alat pertahanan dari Brasil, pembatalan impor daging sapi dari Brazil dan lain sebagainya," ungkap anggota DPR RI dari daerah pemilihan Gorontalo itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015