Dubai (ANTARA News) - Petenis Rumania Simona Halep mengalahkan Karolina Pliskova asal Ceko dengan skor 6-4, 7-6 (4) pada final Kejuaraan Dubai pada Sabtu, untuk mengklaim gelar tunggal WTA kesepuluhnya.

Kemenangan ini memastikan Halep, yang sangat mengungguli lawannya di Aviation Club, akan naik ke posisi ketiga pada daftar peringkat dunia.

Ia mengkonversi satu-satunya "break point" pada set pembuka untuk memenangi set pertama dan sempat direpotkan empat "service break" dan menyia-nyiakan dua "match point" untuk mengamankan gelar keduanya pada 2015, menyusul kemenangan di Shenzen pada Januari.

Halep (23), lebih pendek 18 centimeter dari Pliskova, petenis dengan tinggi badan 182 centimeter dengan lebih banyak "ace" daripada pertenis lainnya di tahun ini, namun petenis Rumania itu melepaskan lebih banyak "ground stroke" yang terbukti menentukan.

"Ia bermain sangat baik - sulit untuk menjelaskan bagaimana perasaan saya, ini merupakan gelar besar bagi saya," kata Halep saat diwawancarai di pinggir lapangan.

"Saya tahu ia memiliki serve keras (namun) saya percaya saya mampu mengembalikan bola dengan baik. Saya tetap fokus pada setiap angka."

Konsentrasi seperti itu tidak mencegah finalis Prancis Terbuka itu dari melakukan sejumlah kesalahan pada fase awal pertandingan, dengan kesalahan ganda dan pukulan "forehand" buruk yang menguntungkan Pliskova dengan "break point" pertama.

Petenis Ceko itu - yang saat ini menghuni peringkat ke-18 dunia -- melepaskan pukulan yang mengenai net saat mengembalikan bola dan petenis Romania itu mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Pliskova jarang meninggalkan baseline saat berhadapan dengan petenis Spanyol Garbine Muguruza pada semifinal, namun ia lebih banyak maju saat melawan Halep, di mana ia memperlihatkan keberanian saat menghadapi lawan dengan level yang lebih tinggi.

"Bahkan jika saya memenangi set kedua, saya tidak berpikir saya akan memenangi keseluruhan pertandingan," kata Pliskova, yang diharapkan akan naik ke urutan ke-12 di daftar peringkat ketika daftar baru dirilis pada Senin, kepada para pewarta.

"Ia berlari dengan sangat baik dan sulit untuk mematikan bola. Ia hebat saat mengembalikan bola. Hari ini, ini lebih banyak mengenai kesalahan-kesalahan saya sebab ia tidak melakukannya sama sekali."

Halep mengunci set pertama dengan pukulan serve menyudut yang dipukul Pliskova untuk tersangkut net.

Dengan sejumlah pendukung Romania meneriakan namanya pada malam yang panas itu, Halep mengejar di set kedua, dengan pukulan forehand yang melebar dan kesalahan ganda yang membuat Pliskova unggul 0-2.

Halep mematahkan serve lawannya, di mana Pliskova melepaskan pukulan forehand yang terlalu keras dan membuat petenis Ceko itu harus mendapat perawatan karena cedera pinggang.

Enam game terakhir ditentukan oleh serve. Pliskova menggagalkan "match point" dengan pukulan backhand menyilang, dan kesalahan ganda Halep pada kesempatan lainnya membuat pertandingan terlihat harus diteruskan dengan "tiebreak", namun pukulan "forehand" kemenangan mengunci skor 7-4. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015