Batam (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam Kepulauan Riau mengimbau agar pengguna transportasi laut di wilayah Perairan Natuna Kepri berhati-hati karena gelombang laut tinggi dan arus laut yang kuat pada Minggu.

"Diimbau untuk berhati-hati terhadap arus yang cukup kencang wilayah Perairan Natuna," kata prakirawan BMKG Batam Sabila Rahmabudi.

Sedangkan untuk transportasi darat dan udara, menurut dia, masih kondusif.

Cuaca di Wilayah Kepri sendiri diprakirakan berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan yang bersifat lokal.

Adanya pola belokan angin di wilayah Kepri mengakibatkan massa udara mengalami perlambatan yang berpotensi dalam pertumbuhan awan-awan. Prakiraan kelembapan udara yang cukup tinggi juga mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 63 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,8 sampai dua meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 23 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 57 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan satu sampai dua meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 32 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 61 sampai 87 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,8 sampai 1,5 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan satu sampai dua meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 75 sampai 91 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai dua meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 km per jam arah utara.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan satu sampai dua meter.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015