Jakarta (ANTARA News) - Pembahasan #KoinUntukAustralia telah menjadi topik paling populer di lini masa Twitter di Indonesia, Minggu siang pukul 14.00 WIB.

Dengan lebih dari 18.000 kicauan, mayoritas netizen mendukung kampanye pengumpulan koin untuk memulangkan bantuan kemanusiaan bencana tsunami yang pernah diberikan oleh pemerintah Australia.

Ini merupakan reaksi terhadap pidato Perdana Menteri (PM) Tony Abbott, Rabu, yang meminta agar Pemerintah Indonesia dan masyarakat Indonesia bersikap "resiprokal" terhadap bantuan Australia di bencana tsunami, dengan membatalkan ekskusi mati terhadap dua warga negara Australia.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Tony Abbott yang sedang mengupayakan agar duo "Bali Nine" yaitu Andrew Chan (31) dan Myuran Sukumaran (33) tidak dieksekusi mati oleh Pemerintah Indonesia.

Salah satu netizen dengan akun @DickyDarulMajid menuliskan, "Thanks for opening Indonesians' eyes wide. We already know who you are."

Aksi ini juga dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang tengah sekolah di Taiwan.

"Indonesian student who lives in Taiwan&here're some coins for abbot im sorry its not in rupiah," tulis akun @TofanGruenzfeld.
(E012)

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015