Jakarta (ANTARA News) - Film "Big Hero 6" meraih Piala Oscar untuk Animasi Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-87 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (22/2) waktu setempat.

Film animasi tentang seorang remaja jenius yang berteman dengan robot perawat dan membentuk tim pahlawan super itu mengalahkan "The Boxtrolls", "How to Train Your Dragon 2", "Song of The Sea" dan "The Tale of the Princess Kaguya" yang juga masuk nominasi.

"Ini menjadi tahun yang menakjubkan untuk film-film animasi," kata ko-sutradara Don Hall seperti dilansir kantor berita Reuters.

"Big Hero 6" yang dirilis November tahun lalu merupakan film animasi Disney yang menggabungkan pengaruh Jepang dengan budaya pop Amerika.

Pahlawan-pahlawan super dalam film itu menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menghasilkan kekuatan super.

Pemeran "30 Rock" Scott Adsit mengisi suara robot perawat kesehatan Baymax sementara Ryan Potter mengisi suara Hiro dalam film garapan Don Hall dan Chris Williams yang sudah menghasilkan lebih dari 521 juta dolar AS di box office seluruh dunia itu.

"Big Hero 6" membawa kemenangan Academy Award kategori animasi kedua berturut-turut untuk studio animasi Walt Disney Co's, yang tahun lalu menang dengan "Frozen."

Sementara film animasi "Feast" meraih Piala Oscar untuk kategori Animasi Pendek Terbaik.

Film berdurasi enam menit yang disutradarai oleh Patrick Osborne itu mengalahkan "The Bigger Picture” (Daisy Jacobs dan Christopher Hees), "The Dam Keeper” (Robert Kondo dan Dice Tsutsumi), "Me and My Moulton" (Torill Kove) dan "A Single Life” (Joris Oprins).


Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015