Makassar (ANTARA News) - Pelari asal Kenya kembali mendominasi untuk kategori peserta asing pada lomba lari bertajuk "Bosowa Half Marathon" di Makassar, Sulawesi Selatan, 1 Maret 2015.

Seksi Media dan Publikasi Bosowa Marathon Amir Pallawa Rukka di Makassar, Senin, mengatakan dari sekitar 30 pelari asing yang terdaftar sejauh ini, sebanyak 14 pelari di antaranya berasal dari Kenya, meningkat dibandingkan pelaksanaan 2014 yakni 13 atlet.

"Selanjutnya disusul Amerika Serikat sebanyak empat pelari. Selain itu dari Belanda, Jerman, Perancis dan Australia," jelasnya.

Puluhan pelari dari sejumlah negara itu juga memiliki pengalaman dan prestasi di sejumlah kejuaraan lari seperti halnya Marlieke dari Belanda yang pernah tampil di OCON Sport CityRun 10km, BII Maybank Bali Marathon, Bromo Half Marathon.

Sementara Miriam Altman (Jerman) juga pernah sebagai juara di Bali Highway Half Marathon, Angkor Wat Half Marathon, Bromo Marathon dan BII Maybank Bali Marathon.

Sedangkan Mark Hoving (Amerika Serikat) pernah berprestasi di The LaSall Bank Chicago Marathon, Springfield Marathon serta rekannya Kathy Hoving (Amerika Serikat) Springfield Marathon di kelas putri.

Direktur Bosowa Foundation sekaligus Panitia Half Marathon 2015, Melinda Aksa, mengatakan penyelenggara menargetkan sebanyak 4.200 peserta bisa mengikuti kejuaraan yang merupakan rangkaian peringatan HUT Bosowa ke-42 tersebut.

Untuk hadiah BHM 2015, penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar Rp 402 juta bagi para pemenang. Hadiah ini dipersiapkan bagi seluruh pemenang pada enam kategori yakni 21 K terbuka (berlaku untuk warga negara asing dan WNI), 21 K tertutup (khusus WNI), 21K Master (untuk peserta berusia 40 tahun keatas).

Selain itu kategori 10 K terbuka (berlaku untuk WNI), 10 K pelajar (untuk pelari berusia 16 tahun ke bawah), serta 5K untuk seluruh warga negara Indonesia.

"Khusus bagi pemenang pada kategori WNI, akan kita ambil hingga posisi enam. Sedangkan untuk kategori 21 K terbuka yang diikuti peserta asing hanya sampai peringkat tiga," jelasnya.

Selain menyiapkan hadiah uang tunai, kata dia, para peserta lomba juga akan mendapatkan kaos eksklusif, tas, dan medali. Namun khusus untuk pemberian medali baru bisa dilakukan jika peserta memang berhasil sampai pada garis finis.

"Untuk medali tentu kami akan siapkan sesuai dengan jumlah peserta. Ini juga sesuai dengan tema lomba yakni "Semua Pasti menang"," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015