Barcelona (ANTARA News) - Pebalap McLarenFernando Alonso harus dirawat di rumah sakit setelah mengalami tabrakan maut pada hari terakhir latihan pramusim Formula Satu di Barcelona Minggu waktu setempat.

Pebalap Spanyol yang menjadi juara dunia dua kali dan kembali ke McLaren musim ini setelah lima tahun bersama Ferrari, mengalami gegar otak ketika mobilnya menabrak dinding keluar belokan ketiga dalam kecepatan 240 km per jam di Circuit de Catalunya.

Pebalap 33 tahun yang masih sadar dan sempat berbicara setelah tabrakan dibawa ke pusat kesehatan untuk pertolongan pertama sebelum diangkut ke rumah sakit di mana dia dipindai CT dan MRI.

Direktur balap McLaren Eric Boullier menepis parahnya tabrakan itu dengan mengatakan kecelakaan tersebut hanya salah satu dari yang sering terjadi sewaktu latihan.

"Beruntung dia baik-baik saja, namun gegar otak selama kecelakaan itu yang untuk itu membutuhkan perawatan semalaman di rumah sakit sebagai tindakan pencegahan," sambung pria asal Prancis itu.  "Itu praktik normal setelah gegar."

"Pastinya, beberapa laporan media berusaha membesar-besarkan parahnya kecelakaan itu, itu hanya kecelakaan yang normal dalam latihan."

Sensor pada mobil-mobil Formula Satu mengukur daya G-Force dari tabrakan itu, dan aturan FIA menyebutkan bahwa pengendara mesti  menyelesaikan uji kesehatan.

Tim tidak mengatakan apakah tabrakan itu adalah hasil dari kesalahan pengemudi atau ketidakberfungsian kendaraan yang sudah bermasalah sejak awal tahun sejak McLaren mulai bermitra dengan Honda.

Rekan satu tim Alonso yang asal Inggris, Jenson Button, mesti menjalani tes pada sore namun McLaren memutuskan untuk menundanya selama sehari karena kendaraan membutuhkan pengecekan pada gearbox dan sistem unit tenaga.

"Ini adalah pekan yang sulit untuk keseluruhan tim, namun kami akan kembali, terdorong lebih keras lagi, di Barcelona pekan depan," kata Boullier.

Alonso sudah menuntaskan 20 lap sebelum kecelakaan terjadi, sehingga McLaren total menyelesaikan 124 lap selama empat hari latihan di Barcelona, atau tujuh lap lebih sedikit dibandingkan Nico Rosberg yang mengendarai Mercedes.

Honda kembali ke Formula Satu setelah menerik diri sebagai konstruktor pada 2008 namun unit tenaga mereka V6 power mengalami masalah, padahal waktu latihan tinggal empat hari lagi sebelum musim balapan mulai di Australia pada 15 Maret, demikian Reuters.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015