Jakarta (ANTARA News) - Apple mengatakan akan menghabiskan 1,7 miliar euro atau 1,9 miliar dolar AS untuk membangun dua pusat data di Eropa yang akan sepenuhnya didukung oleh energi terbarukan dan menciptakan ratusan lapangan kerja.

Perusahaan mengatakan pusat data yang akan dibangun di Irlandia dan Denmark, akan memperkuat layanan online Apple, seperti iTunes Store, App Store, iMessage, Maps dan Siri untuk pelanggan di seluruh Eropa.

Investasi ini direncanakan akan merata pada kedua negara, di mana pemerintah Irlandia menyatakan bahwa 850 juta euro akan digunakan di Irlandia.

Dua pusat data tersebut diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2017.

"Investasi tersebut merupakan proyek terbesar Apple di Eropa hingga saat ini," kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters.

"Kami senang dapat memperluas operasi kami, menciptakan ratusan pekerjaan lokal dan memperkenalkan beberapa desain green building kami yang paling canggih," tambahnya.

Data center di Irlandia akan berlokasi di Athenry, dekat Galway di pantai barat, sementara di Denmark akan berlokasi di Viborg, Denmark Barat.


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015