Jakarta (ANTARA News) - Penyakit jantung dapat kita cegah, salah satunya melalui konsumsi makanan-makanan sehat. Berikut tedapat tujuh makanan agar jantung sehat.

1. Tomat

Tomat banyak mengandung  vitamin C, potassium, serat, vitamin A, serta likopen yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kandungan likopen tertinggi terkandung dalam tomat yang telah dimasak.  Jadi, pastikanlah menyediakan masakan yang mengandung tomat dalam menu diet sehat Anda.

2. Blueberry

Para peneliti berpendapat, kandungan antioksidan dalam blueberry yang disebut antosianin, dapat melancarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Studi terbaru menunjukkan, semangkuk blueberry sehari dapat menurunkan tekanan darah dan kekakuan pembuluh arteri, di mana keduanya berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung pada perempuan setelah menopause.

3. Sarden

Ikan kaya kandungan asam lemak omega-3. Penelitian telah memperlihatkan, konsumsi dua porsi atau lebih ikan per minggu berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 30 persen.

Di antara beberapa jenis ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3, sarden adalah salah satunya.  Di samping omega-3, sarden diketahui juga mengandung berbagai nutrisi penting serta rendah kontaminan seperti merkuri.

4. Biji-bijian

Mereka yang mengonsumsi biji-bijian berisiko lebih rendah terserang penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak.

Asosiasi untuk kesehatan jantung Amerika Serikat mengungkapkan, serat larut dan tak larut dalam biji-bijian berhubungan dengan peningkatan kualitas diet dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Minyak sehat

Minyak sehat seperti minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak sayur, banyak mengandung lemak tak jenuh yang dapat memperbaiki tingkat kolesterol dalam darah.

6. Buncis

Di dalam buncis terkandung berbagai komponen seperti serat larut, mineral dan antioksidan, yang dapat menyehatkan jantung.

Penelitian memperlihatkan, setengah mangkuk buncis per hari dapat menurunkan kolesterol jahat. Hal ini karena serat larut dalam buncis membantu mengikat kolesterol dan menghentikannya terserap dalam usus.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung vitamin, mineral, serat dan lemak sehat. Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, dua sampai empat kali per minggu, berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

Kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan membantu meningkatkan kesehatan pembuluh arteri. Demikian seperti dilansir Fox News.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015