RSUP Sanglah sudah memenuhi kebutuhan standar Kementerian Kesehatan yang menjadi parameter dalam pelayanan pasien di kelas tiga itu,"
Denpasar (ANTARA News) - Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf mengapresiasi pelayanan kelas tiga di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali yang sudah sangat baik dan memenuhi kriteria mutu pelayanan.

"RSUP Sanglah sudah memenuhi kebutuhan standar Kementerian Kesehatan yang menjadi parameter dalam pelayanan pasien di kelas tiga itu," ujar Dede Yusuf saat mengunjungi RSUP Sanglah di Denpasar, Senin.

Menurut dia, pelayanan pasien dikelas tiga di RSUP Sanglah sudah memenuhi kriteria seperti ruangan tidak sempit, dan saat mewawancarai beberapa pasien mengakui semua telah mendapat pelayanan dengan optimal.

Ia mengatakan pelayanan pasien dikelas tiga yang dikhawatirkan tidak dilayani. Namun, pihaknya melihat pelayanan yang dilakukan rumah sakit tersebut berjalan dengan harapan.

"Sejauh ini pelayanan RSUP Sanglah sudah sangat baik dan saya mengharapkan rumah sakit lainnya juga melakukan hal tersebut," ujarnya.

Saat melakukan kunjungan itu, pihaknya mengakui kondisi pasien di RSUP Sanglah cukup padat, mengingat adanya aturan pembangunan gedung di Bali tidak boleh lebih dari lantai empat.

Untuk ruang gawat darurat di rumah sakit tersebut, kata dia, sangat padat sehingga harapannya pemerintah dapat membantu anggaran pelayanan kesehatan untuk pegawai setempat.

Dengan adanya bantuan anggaran tersebut diharapkan dapat memenuhi pelayanan kesehatan baik infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusia.

"Kita tidak bisa membayangkan apabila mereka tidak punya BPJS, beban rumah sakit semakin banyak," ujarnya.

Selain itu, ia mendorong Program JKBM yang dicanangkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dapat berintegrasi dengan Program BPJS selama data tersebut faktual.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf yang memimpin kunjungan tersebut didampingi Direktur Utama RSUP Sanglah, dr AA Sri Saraswati, M.Kes, bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala BPJS Regional XI, dan Kepala BBPOM Denpasar memantau RSUP Sanglah.

Dalam kunjungan terebut, Dede Yusuf juga mengunjungi pasien yang ada di ruang ibu dan anak RSUP Sanglah. Kemudian, menuju loket BPJS dan IGD rumah sakit tersebut.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015