New York (ANTARA News) - Raksasa teknologi Amerika Serikat Apple menyatakan akan membenamkan investasi sebesar 1,7 miliar euro untuk pembangunan dua pusat data yang berlokasi di Irlandia dan Denmark, guna menggairahkan layanan online di pasar Eropa.

"Investasi baru yang signifikan ini menggambarkan proyek terbesar Apple di Eropa sampai detik ini," kata CEO Apple Tim Cook dalam pernyataannya seperti dikutip AFP.

Dua pusat data yang rencananya beroperasi pada 2017 itu akan seluruhnya digerakkan energi terbarukan. Keduanya akan mendukung layanan-layaan online semacam iTunes, App Store, iMessage, Maps dan Siri untuk pelanggan Eropa.

Apple saat ini mempekerjakan 18.300 orang di 19 negara Eropa dan telah menambah sekitar 2.000 lapangan kerja pada 12 bulan terakhir saja.

"Kami senang memperluas operasi kami sehingga menciptakan ratusan peluang kerja lokal dan mengenalkan sejumlah rancangan pembangunan hijau paling maju kami," kata Cook.

Fasilitas di Irlandia akan dibangun di Athenry, County Galway, sedangkan satunya lagi dibangun di Viborg, Denmark.

Bulan ini Apple menjadi perusahaan pertama yang divaluasi sampai 700 miliar dolar AS setelah baru-baru ini membukukan laba kuartalan fantastis sebesar 18 miliar dolar AS, berkat penjualan iPhone, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015