Lionel Messi tidak pelak pemain terbaik di dunia. Kami tidak melulu berusaha menghadang pergerakan Messi. Jika kami hanya berkonsentrasi kepada dia, mereka banyak dihuni oleh sejumlah pemain baik
Manchester (ANTARA News) - Sama-sama mengoleksi sejumlah pemain terbaik di kolong langit sejagat, baik Manchester City maupun Barcelona bersua untuk bertarung dalam duel bernada orkestra baku serang silih berganti.

Tinggal menanti, tim mana yang lebih siap dan lebih leluasa memanfaatkan kelemahan lawan agar mengkonversi menjadi pundi-pundi gol kemenangan.

Lakonnya, The Citizens kontra Barca dalam leg I babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Etihad Stadium pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Baku serang antar dua tim, itu jelas. Adu kuat lini pertahanan, itu juga terang benderang. Tinggal sekarang, siapa tim yang mampu membidik kelemahan lawan kemudian membombardir butir kesalahan menit demi menit dengan memperhatikan secara seksama organisasi serangan dan organisasi pertahanan, bermodal akurasi umpan dan kecepatan pergerakan.

Orkestrasi serangan kedua tim melibatkan sejumlah nama kondang. Sebut saja, Neymar, Luis Suarez, Lionel Messi, Sergio Aguero, David Silva dan Samir Nasri.

Nama-nama ini saling beradu imajinasi di petak lapangan bola berbalut taktik menawan di bawah arahan pelatih sarat pengalaman. Manuel Pellegrini membawahi City, sementara Luis Enrique membesut Barcelona.

Pellegrini mengembangkan kepercayaan diri dapat memetik hasil positif dari laga di Etihad dengan bermodal kemenangan brilyan 5-0 atas Newcastle pada pekan ini. Sementara, Yaya Toure bakal absen karena masih menjalani larangan bermain.

Kosok balik dengan Barcelona. Messi dan kawan-kawan baru saja menelan kekalahan 0-1 menghadapi Malaga di Nou Camp. Jelas, bahwa duel melawan City ini besar boleh jadi merupakan ajang "come back" sebagai pembuktian diri.
 
Komentar dua pelatih:

* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"(Laga) tahun lalu tentu berbeda. Tahu lalu kami datang setelah menjalani 19 laga dalam dua bulan dan saya berpendapat bahwa kondisi itu tidak ideal bagi kami. Tahun ini, saya berharap bahwa kami mampu mencapai performa baik dan hasil memuaskan."

"Tahun lalu, kami coba mengubah gaya bermain. Tentu kami bakal berusaha karena lawan yang kami hadapi yakni Barcelona. Sudah saatnya kami bermain dengan mengandalkan skema serangan. Untuk itu, yang terpenting tim asuhan saya siap bertarung dengan mengadalkan penguasaan bola. Kami perlu mendominasi distribusi bola, kemudian mendekat ke kotak penalti Barcelona."

"Lionel Messi tidak pelak pemain terbaik di dunia. Kami tidak melulu berusaha menghadang pergerakan Messi. Jika kami hanya berkonsentrasi kepada dia, mereka banyak dihuni oleh sejumlah pemain baik."

"Yang terpenting bagi kami, bertarung dengan mengandalkan penguasaan bola, berusaha tidak kehilangan bola dengan mudah. Ketika mereka menguasai bola, maka kami harus fokus kepada Messi dan pemain lainnya."

"(Sergio) Aguero merupakan satu dari lima pemain terbaik di dunia. Kondisinya seratus persen fit siap tempur. Ia baru saja pulih dari cedera. Saya melihat dia ketika turun bertanding melawan Stoke dan Newcastle."     

* Luis Enrique (Barcelona):
"Kami tidak rileks ketika melawan Malaga. Kami berusaha tampil baik. Kami tidak akan mengabaikan hasil La Liga kemudian berpikir ke laga Liga Champions."

"Kami juga tidak akan terlalu terfokus kepada lini pertahanan mereka. Segala sesuatunya dapat saja terjadi dalam sepak bola. Kami sekarang sedang menghadapi kompetisi yang berbeda."

"Sesudah menelan kekalahan, anda tentu saja berkeinginan meraih kemenangan, teristimewa melawan tim yang difavoritkan dalam kompetisi. Kami pantang menyerah. Kami terus menyiapkan diri."

"Kami berusaha menjaga dan menciptakan ruang pergerakan pemain. Jika kami menguasai bola, maka kami siap bertindak. Pertempuran di lini gelandang memegang peran teramat penting."

"City mampu memenangi gelar domestik dan terus meningkatkan kualitas penggawanya. Hal serupa juga kami lakukan. Kami berharap dapat memenangi trofi dan jika anda membentangkan asa, maka anda berusaha sekuat tenaga."

Prakiraan susunan pemain:
* Manchester City (4-2-3-1):

Hart (penjaga gawang), Zabaleta, Kompany, Mangala, Kolarov, Fernando, Fernandinho, Navas, Silva, Nasri, Aguero
Pemain cadangan:
Sagna, Dzeko, Caballero, Bony, Lampard, Clichy, Demichelis
Absen: Toure (suspensi), Milner (cedera)

* Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen (penjaga gawang), Alves, Pique, Mascherano, Alba, Rakitic, Busquets, Iniesta, Messi, Suarez, Neymar
Pemain cadangan:
Montoya, Xavi, Pedro, Rafinha, Bartra, Adriano, Mathieu
Absen: Vermaelen, Douglas (cedera)     

Data dan fakta:

Manchester City:

* Menurut UEFA, Yaya  Toure terkena suspensi dalam tiga laga ke depan, sementara Edin Dzeko, Sergio Aguero, Pablo Zabaleta dan Gael Clichy terkena larangan bertanding di laga tandang.
* Kondisi ini memaksa Pellegrini memainkan Bacary Sagna. Pemain ini punya kemampuan dalam menjaga lawan dengan seksama, dibandingkan dengan Zabaleta. Bek kanan bakal diisi oleh Jordi Alba, sementara Clichy kalaupun diturunkan bakal didaulat tampil dengan kecepatan mengisi posisi yang biasanya ditempati Kolarov.
* Suspensi yang sedang dijalani Toure, boleh jadi mendorong Pellegrini menurunkan Frank Lampard sebagai "kartu as". Pemain ini punya kemampuan daya jelajah cukup tinggi  dan mampu memolakan dinamika penampilan tim.
* City bisa saja turun dengan skema 4-4-2 dan memainkan Dzeko di depan agar menunjang peran Aguero.
 
Barcelona:
* Barcelona mengistirahatkan Ivan Rakitic ketika melawan Malag dalam laga pada Sabtu pekan lalu. Ia bakal mengisi "the startting XI".
* Trio Messi, Neymar dan Luis Suarez bakal mengisi lini depan untuk membombardir lini pertahanan lawan. Dani Alves dan Alba turun di posisi full-bek, meski keduanya dapat berperan sebagai bek-tengah dan berperan sebagai gelandang.
* Menarik menyaksikan Enrique manakala menurunkan Marc-Andre ter Stegen di bawah mistra gawang.
* Peran dan fungsi yang dimainkan Andres Iniesta demikian taktis ketika melawan Malaga. Kini ia berada dalam kondisi fit dan bugar menghadapi laga melawan City.

Lima laga terakhir:
(W: menang; L: kalah; D: imbang)
 
* Manchester City: W W D D L


21/02/2015 Manchester City 5 - 0 Newcastle United
11/02/2015 Stoke City 1 - 4 Manchester City
07/02/2015 Manchester City 1 - 1 Hull City
31/01/2015 Chelsea 1 - 1 Manchester City
24/01/2015 Manchester City 0 - 2 Middlesbrough

* Barcelona: L W W W W

21/02/2015 Barcelona 0 - 1 Málaga
15/02/2015 Barcelona 5 - 0 Levante
11/02/2015 Barcelona 3 - 1 Villarreal
08/02/2015 Athletic Bilbao 2 - 5 Barcelona
01/02/2015 Barcelona 3 - 2 Villarreal

Head To Head:

12/03/2014 Barcelona 2 - 1 Manchester City
18/02/2014 Manchester City 0 - 2 Barcelona
19/08/2009 Barcelona 0 - 1 Manchester City

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Manchester City 1 - 3 Barcelona
* Manchester City 1 - 2 Barcelona
* Manchester City 0 - 0 Barcelona
 
Prediksi laga:
* City menjamu Barcelona. Laga ini sungguh tidak mudah bagi kedua tim. Di sini, City bermodal sederet penggawa yang paham betul dengan gaya penampilan lawan. Bahkan Pellegrini pernah membesut rival abadi Blaugrana, Real Madrid pada periode 2009/10.
* Meskipun bertanding di kandang, City perlu ekstra mewaspadai barisan penyerang Barcelona yang rata-rata berperan sebagai predator gol.
* Barcelona punya modal semangat ekstra dengan mengemas 11 kali menang berturut-turut, meski kemasukan satu gol dari Malaga Sabtu pekan lalu. Yang ada di dada Messi dan kawan-kawan yakni bertarung habis-habisan memenuhi asa pembalasan. Kali ini lawannya, yakni City!

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Manchester City: 1
* Barcelona: 3 

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015