Jambi (ANTARA Newa) - Ratusan pelajar SMP Negeri 1 Kota Jambi menggelar aksi mengumpulkan uang koin rupiah sebagai bentuk tindakan mengecam perkataan Perdana Menteri (PM) Tony Abbott Australia terkait keputusan pemerintah RI menghukum mati warga negera Australia dalam kasus narkoba.

Aksi pengumpulan koin untuk Australia itu dilakukan ratusan pelajar SMPN 1 Kota Jambi, di halaman sekolahnya, Selasa.

Selain mengumpulkan koin, ratusan pelajar juga menyamaikan aspirasi mendukung pemerintah Indonesia untuk menghukum hukum mati terhadap terpidana narkoba warga negara Asutralia yang dianggap merusak generasi bangsa Indonesia.

Dalam aksi mengumpulkan koin untuk Australia tersebut terkumpul uang recehan pecahan mulai dari Rp50, Rp100, Rp200, Rp500 dan Rp1.000 di dalam ember ukuran sedang dengan jumlah Rp919 ribu.

Kepala sekolah SMP Negeri I Kota Jambi, Nanang S, kepada sejumlah wartawan mengatakan, aksi kumpul koin yang dilakukan tersebut, merupakan aksi untuk mengajarkan rasa nasionalisme terhadap para siswa SMP agar bisa mencintai negara dan bangsanya.

"Kegiatan ini merupakan untuk mengajarkan anak didik tentang nasionalisme yang ada di negara sendiri, tidak hanya itu kita juga melakukan aksi mendukung hukuman mati terhadap terpidana narkoba," kata Nanang S.

Sementara itu, salah seorang siswi SMPN 1 Kota Jambi, Siti Munawaroh, mengatakan, aksi kumpulkan koin itu merupakan wujud kecaman atas penghinaan dari perdana mentri Australia terhadap negara Indonesia.

"Aksi ini merupakan bentuk kecaman atas pengungkitan perdana menteri Australia tentang bantuan tsunami Aceh bebera tahun lalu, kita juga mengukung ketegasan pemerintah untuk mengeksekusi mati terhadap penjahat narkoba, karena akan merusak generasi muda Indonesia,"katanya.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015