Jakarta (ANTARA News) - Emoji Apple dengan keragaman ras dalam lima warna kulit telah diluncurkan untuk pengembang.

Apple merilis update beta untuk sistem operasi OS X, termasuk memperbarui keyboard emoji yang didesain ulang dengan pengubah warna kulit, Senin, seperti dilansir The Guardian.

Keluhan tentang kurangnya keragaman ras dalam karakter emoji mendorong Unicode Consortium, sebuah badan industri yang ditujukan untuk mengembangkan standar perangkat lunak, menambahkan pilihan warna kulit. Warna kulit tersebut diambil dari Fitzpatrick, standar yang digunakan oleh dermatologists.

Sebelumnya hanya ada tiga karakter yang muncul untuk mewakili orang-orang non-Barat yakni laki-laki yang mengenakan topi Cossack, laki-laki dengan kulit coklat mengenakan sorban, dan laki-laki yang memakai songkok tradisional Tiongkok dengan wajah yang lebih kecil dan mata yang lebih sipit.

Seperti semua karakter manusia, tiga emoji laki-laki tersebut saat ini diperbarui dengan warna kuning cerah sebagai pilihan default yang memiliki berbagai pilihan warna kulit lain seperti yang digunakan dalam The Simpsons.

Karakter laki-laki yang mengenakan topi bergaya Tiongkok saat ini memiliki mata dengan ukuran dan bentuk yang sama seperti karakter lain.

Akan ada 300 karakter emoji baru yang akan ditambahkan, termasuk emoji dengan hubungan sex sesama jenis, seperti keluarga dengan dua ibu dan dua ayah.

Update emoji tersebut saat ini masih dalam pengujian, namun akan resmi dirilis untuk umum dalam waktu dekat, demikian The Guardian.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015