Kunjungan kita kali ini untuk mengetahui ketersediaan pangan, terutama di Tala sebagai penyangga pangan Kalsel,"
Pelaihari, Kalsel (ANTARA News) - Komisi IV DPR RI mengunjungi beberapa desa di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dan sekaligus tanya jawab dengan perwakilan masyarakat setempat, Selasa.

Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI Hj Siti Hediati Soeharto mengatakan, kunjungan kerja (kunker) mereka ke Kabupaten Tanah Laut (Tala) dalam upaya mencari masukan mengenai pertanian dan kondisi beberapa desa yang terendam banjir.

"Kunjungan kita kali ini untuk mengetahui ketersediaan pangan, terutama di Tala sebagai penyangga pangan Kalsel," ujarnya saat berada di Kecamatan Kurau (sekitar 40 kilometer timur Banjarmasin).

Menurut dia, dari tinjauan ke lapangan, ada beberapa hal yang menjadi masukan bagi Komisi IV DPR RI, antara lain perlunya perbaikan saluran air yang ada di Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur.

"Saluran air di daerah ini harus segera diperbaiki, begitu juga dengan tenaga penyuluh perlu diperhatikan karena penyuluh merupakan ujung tombak dalam memajukan produksi pertanian," ucapnya.

Ia mengatakan, "Bumi Tuntung Pandang" Tala memiliki potensi pertanian yang cukup baik, karena sebagai salah satu penyangga bagi Provinsi Kalimantan Selatan.

"Begitu juga terhadap hasil perikanan laut, peternakan dan perkebunan daerah ini cukup potensial," terangnya.

Ia berharap, panen padi di laut bisa lebih meningkat lagi, dari satu atau dua kali panen setahun menjadi tiga kali panen dalam setahun.

"Saya meminta ke depan lebih diperbaiki lagi hasil panennya, apabila nanti pemerintah pusat sudah membantu pembangunan waduk dan perbaikan saluran air," tegasnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengharapkan bantuan pemerintah pusat terhadap perbaiki infrastruktur pertanian di kabupaten tersebut.

"Selain itu, kita berharap pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dapat membantu infrastruktur maupun mekanisasi pertanian di Kabupaten Tanah Laut," tandasnya.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015