Jakarta (ANTARA News) - Apple dan LG telah menandatangani penawaran miliaran dolar AS dengan Samsung untuk memasok generasi berikutnya modul RAM pada perangkat terbaru mereka yang sementara ini bernama LG G4 dan Apple iPhone 6S (atau iPhone 7).

Kabar ini diwartakan media Korea Selatan seperti dilansir situs teknologi Phone Arena, namun tidak menyebutkan jenis random access memory (RAM) yang akan dipasok untuk kedua handset tersebut.

Samsung baru-baru ini mengumumkan telah memulai memproduksi secara massal DDR4 RAM yang dibuat dengan proses 20nm, serta stackable 3 GB RAM/32 GB combo storage, yang merupakan next-gen dari DDR3.

"Berdasarkan perjanjian tersebut, Samsung akan mulai menyediakan LG Electronics 100 persen chip mobile DRAM yang dibutuhkan untuk LG G4 smartphone yang akan diluncurkan April," kata seorang sumber.

"Samsung juga akan menangani setidaknya setengah dari jumlah yang dibutuhkan Apple untuk iPhone terbarunya yang untuk sementara ini bernama iPhone 6S," tambah sumber itu.

Jenis DRAM baru DDR4 menawarkan dua kali massa jenis dan kinerja I/O, untuk pemula, dibanding DDR3.

Selain itu, Samsung juga dilaporkan akan memasok tidak kurang dari 70 persen chipset A9 Apple untuk iPhone 7, demikian phonearena.com.




Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015