Manchester, Inggris (ANTARA News) - Barcelona sementara unggul 2-0 atas tuan rumah Manchester City hingga turun minum pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di Stadion Etihad, Rabu dini hari WIB.

Luis Suarez menjadi aktor utama atas keunggulan Barcelona di babak pertama dengan dwigol yang ia cetak masing-masing pada menit 16 dan 30.

Opta mencatat Barcelona tampil dominan sepanjang 45 menit awal dengan menguasai 58 persen bola dan melepaskan sedikitnya tujuh kali percobaan tembakan yang empat di antaranya tepat sasaran dan berbuah menjadi dua gol.

Gol pertama Suarez berawal dari situasi serangan kala Lionel Messi mendapatkan bola di sisi kiri pertahanan City, sebelum ia mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti.

Suarez menyambut dengan tandukannya, yang masih bisa dihalau kapten City, Vincent Kompany, namun bola memantul kembali ke arah mantan penyerang Groningen, Ajax dan Liverpool itu dan segera ia sambar dengan tembakan kaki kirinya yang gagal dihalau penjaga gawang Joe Hart sekaligus serta merta membawa tim tamu unggul 1-0.

Kemudian meski tuan rumah berusaha keluar dari tekanan, Barcelona justru makin leluasa menguasai jalannya laga.

Suarez sebetulnya berpeluang untuk menambah pundi golnya sekaligus menggandakan keunggulan Las Blaugranas, namun bola sepakannya pada menit 26 kala menerima umpan terobosan nan matang dari Neymar masih persis dihentikan tembok berupa selangkangan Hart.

Namun ia tidak melakukan kesalahan yang sama ketika mencetak gol keduanya pada menit 30.

Kali ini, Suarez hanya perlu menyodorkan sebuah sontekan demi menjangkau bola umpan tarik dari Jordi Alba yang mengirimkannya dari sisi kanan pertahanan City.

Barcelona terus menguasai pertandingan, dan bahkan hampir memperoleh gol ketiga mereka bila saja bola tendangan cungkil dari bek kanan Dani Alves pada menit 44 yang menusuk ke dalam kotak penalti dan sudah melewati kepala Hart tidak ditolak oleh tiang gawang.

Namun, keunggulan dua gol boleh bisa menjadi modal yang cukup memberi kepercayaan diri di ruang ganti tim besutan Luis Enrique tersebut.

Sementara Manuel Pellegrini harus memutar otak bila ingin mendapatkan modal yang cukup baik menjelang kunjungan ke Nou Camp pertengahan Maret mendatang.

Ketiadaan Yaya Toure di lini tengah jelas menghilangkan nyawa permainan City, namun pelatih berdarah Argentina itu sedikitnya masih punya pilihan pengalaman di Frank Lampard di bangku cadangan atau ngotot menambah daya gedor di ujung serangan dengan memasukkan Wilfried Bony.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

Manchester City (4-4-2): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Martin Demichelis, Gael Clichy; Samir Nasri, Fernando Reges, James Milner, David Silva; Edin Dzeko, Sergio Aguero
Pelatih: Manuel Pellegrini

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Buesquets, Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar Jr
Pelatih: Luis Enrique

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015