Manchester, Inggris (ANTARA News) - Dwigol yang dicetak penyerang Barcelona, Luis Suarez, berhasil membawa timnya memenangi laga pertama babak 16 besar Liga champions dengan mengalahkan Manchester City 2-1 di Etihad, Rabu pagi WIB.

Kedua gol Suarez dicetak pada babak pertama, menit 16 dan 30, sebelum Sergio Aguero memperkecil ketertinggalan City lewat golnya pada menit 69.

Laga tersebut juga diwarnai kartu merah yang diterima bek City, Gael Clichy, pada menit 74 serta sebuah eksekusi penalti yang gagal dari Lionel Messi di pengujung pertandingan.

Kedua tim selanjutnya akan bertemu kembali untuk melakoni laga kedua di Nou Camp dua pekan mendatang.

Gol pertama Suarez berawal dari situasi serangan kala Lionel Messi mendapatkan bola di sisi kiri pertahanan City, sebelum ia mengirimkan umpan silang ke dalam kotak penalti.

Suarez menyambut dengan tandukannya, yang masih bisa dihalau kapten City, Vincent Kompany, namun bola memantul kembali ke arah mantan penyerang Groningen, Ajax dan Liverpool itu dan segera ia sambar dengan tembakan kaki kirinya yang gagal dihalau penjaga gawang Joe Hart sekaligus serta merta membawa tim tamu unggul 1-0.

Kemudian meski tuan rumah berusaha keluar dari tekanan, Barcelona justru makin leluasa menguasai jalannya laga.

Suarez sebetulnya berpeluang untuk menambah pundi golnya sekaligus menggandakan keunggulan Las Blaugranas, namun bola sepakannya pada menit 26 kala menerima umpan terobosan nan matang dari Neymar masih persis dihentikan tembok berupa selangkangan Hart.

Namun ia tidak melakukan kesalahan yang sama ketika mencetak gol keduanya pada menit 30.

Kali ini, Suarez hanya perlu menyodorkan sebuah sontekan demi menjangkau bola umpan tarik dari Jordi Alba yang mengirimkannya dari sisi kanan pertahanan City.

Barcelona terus menguasai pertandingan, dan bahkan hampir memperoleh gol ketiga mereka bila saja bola tendangan cungkil dari bek kanan Dani Alves pada menit 44 yang menusuk ke dalam kotak penalti dan sudah melewati kepala Hart tidak ditolak oleh tiang gawang.

Memasuki babak kedua, pelatih City Manuel Pellegrini agaknya masih ingin menjajal keampuhan duet Edin Dzeko dan Aguero, namun berbagi upaya serangan yang berbuah peluang tak pernah berujung gol.

Hingga ia memutuskan menarik keluar Samir Nasri dan menggantinya dengan Fernandinho, sebelum enam menit berselang Dzeko digantikan Wilfried Bony.

Gol tersebut dicetak Aguero setelah berhasil menerima bola umpan terobosan yang dikirim David Silva, yang meski sempat diantisipasi Gerard Pique namun tidak sempurna sehingga tetap bergulir, dan melepaskan tendangan kaki kanan yang menghujam sisi kanan atas gawang yang dijaga Marc-Andre ter Stegen.

Sesaat usai kebobolan pelatih Barcelona, Luis Enrique, memutuskan untuk mempertebal barisan pertahanan dengan menarik keluar gelandang kreatif Ivan Rakitic dan memasukkan pemain bertahan Jeremy Mathieu.

Namun angin segar yang baru berhembus sejenak di hadapan publik Etihad segera buyar setelah tim kesayangan mereka harus bermain dengan 10 orang saja setelah Clichy diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Felix Brych setelah melanggar Dani Alves.

Selepas kartu kuning kedua yang diterima Clichy, Pellegrini ogah mengambil risiko mendapati luka yang terlampau dalam kala menyambut pertemuan kedua di Nou Camp dua pekan lagi, dan memutuskan merelakan menarik keluar David Silva demi menambal barisan pertahanan City dengan memasukkan Bacary Sagna.

Sedangkan Alves yang terlihat kesakitan segera ditarik keluar dan digantikan Adriano.

Sejak itu, Barcelona kembali mengendalikan laga, meski tak mampu memperbesar kemenangan mereka.

Messi sebetulnya sempat menyarangkan bola dengan sebuah tendangan cungkil melewati Hart di menit 90, namun ia lebih dulu berada dalam posisi offside kala menerima umpan.

Messi lagi-lagi gagal memanfaatkan kesempatan kala di ujung laga arah tendangan penaltinya, yang didapat setelah ia dilanggar Kompany di area terlarang, masih bisa ditebak Hart dan kala ia menanduk bola muntah juga menyamping dari gawang.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com.

Manchester City (4-4-2): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Vincent Kompany, Martin Demichelis, Gael Clichy; Samir Nasri (Fernandinho), Fernando Reges, James Milner, David Silva (Bacary Sagna); Edin Dzeko (Wilfried Bony), Sergio Aguero
Pelatih: Manuel Pellegrini

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Dani Alves (Adriano), Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba; Ivan Rakitic (Jeremy Mathieu), Sergio Buesquets (Pedro Rodriguez), Andres Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar Jr
Pelatih: Luis Enrique

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015