Tokyo (ANTARA News) - Lupakan android menyeramkan di fiksi ilmiah karena robot di masa depan sebenarnya berbentuk imut, seperti robot beruang kutub yang bisa mengangkat dan membaringkan lansia ke tempat tidur.

Robear memiliki wajah imut dengan mata bulat besar, namun sesungguhnya robot tersebut dirancang dengan kekuatan yang cukup untuk mengangkat pasien dari kursi roda ke tempat tidur atau kamar mandi, kata institut Riken Jepang, Selasa (24/2).

"Tampilan beruang kutub diharapkan dapat memancarkan atmosfer kekuatan, keramahan dan kebersihan pada waktu yang sama," kata ketua riset Toshiharu Mukai pada AFP seperti dilansir Japan Today.

"Kami memilih desain ini di antara sekian pilihan yang diberikan desainer. Kami berharap bisa mengkomersilkan robot ini dalam waktu dekat," kata dia.

Tingkat kelahiran rendah dan meningkatnya usia harapan hidup di populasi Jepang membuat jumlah lansia bertambah sementara jumlah generasi muda menyusut. 

Keengganan menerima imigrasi skala besar membuat negara itu harus meningkatkan ketergantungan pada robot, terutama untuk pekerjaan yang menuntut keahlian fisik.

Kebutuhan itu dikombinasikan dengan kecintaan Jepang pada hal-hal imut, sehingga dibuatlah mesin dengan wajah lucu dan suara mirip anak-anak.

"Karena Jepang semakin menua dengan jumlah anak-anak yang sedikit, masalah kekurangan pengasuh lansia semakin serius," kata Riken dalam pernyataan.

"Ada harapan besar bahwa robot dapat mengatasi masalah ini," katanya.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015