Kuala Lumpur (ANTARA News) - Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak meminta warga untuk menjaga kesehatan menyusul musim panas berkepanjangan yang diperkirakan melanda negara ini.

Najib meminta rakyat mengambil langkah berjaga-jaga untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan cuaca panas.

"Saya harap anda semua akan mengambil langkah berjaga-jaga untuk tetap sehat dan menghindarkan diri dari penyakit berkaitan kepanasan," katanya dalam akun Facebooknya seperti dikutip media-media lokal di Kuala Lumpur, Rabu.

Cuaca panas dan kering dengan kadar hujan rendah yang melanda Malaysia diperkirakan akan berlanjut hingga awal April.

Suhu udara di Malaysia saat ini berkisar antara 33 hingga 35 derajat Celcius.

Beberapa masalah kesehatan yang dihadapi warga akibat cuaca panas termasuk stroke, sakit tenggorokan, dan ruam seluruh badan.

Sementara itu, cuaca panas mengakibatkan enam tandon air di lima negara bagian mulai mencatat penurunan air hingga hanya tersisa 20 persen, sehingga mengganggu pasok air di kawasan-kawasan tersebut.

Penurunan itu sudah mencapai taraf bahaya dan tindakan alternatif untuk membendung masalah itu perlu segera dilakukan.

Beberapa tandon air yang mencatat penurunan tajam adalah Empangan Gemencheh Negeri Sembilan (79,6 persen), Mengkuang di Pulau Pinang (65,4 persen), Teriang di Pahang (65,2 persen), Sungai Lebam di Johor (50,8 persen), Sungai Layang Johor (43,8 persen), Padang Saga di Kedah (47,2 persen).

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015